Intip Spesifikasi Motor Andalan Jokowi Jajal Aspal IKN, Motoran Bareng Kolega Istana dan Influencer Tanah Air

Ahmad Jaelani

Reporter

Senin, 29 Juli 2024  /  2:57 pm

Momen Presiden Jokowi menjajal aspal IKN dengan motor custom jenis cafe racer. Foto: Instgram@jokowi

KUTAI KARTANEGARA, TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo baru saja meninjau progres pembangunan jalan tol Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan cara yang unik. Kali ini, Jokowi mengendarai sepeda motor yang memancing rasa penasaran publik.

Didampingi Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dan sejumlah influencer, Jokowi menguji coba jalan tol baru dengan motor custom bergaya cafe racer dan chopper. Motor yang digunakan Jokowi dibangun oleh Katros Garage dengan basis Kawasaki W175, seperti dilansir dari tribunnews.com, Senin (29/7/2024).

Sepeda motor ini menggunakan ban aspal dan sasis rigid tanpa peredam kejut belakang, namun tetap mampu melewati jalur offroad dengan baik. Jokowi terlihat santai mengendarai motor tersebut.

Selain menjajal jalan tol IKN, Jokowi sebelumnya juga mengendarai motor custom-nya yang bergaya chopper saat kunjungan kerja ke perbatasan RI-Malaysia.

Motor ini dirancang oleh Andi Akbar dari Katros Garage, yang memakan waktu dua bulan untuk proses pengerjaannya. Fokus pengerjaan motor ini tidak hanya pada model, tetapi juga pada ergonomi dan durabilitas yang disesuaikan dengan kebutuhan Jokowi.

Baca Juga: Jokowi dan Ibu Negara Mulai Nginap di IKN, Besok Mulai Berkantor

Jokowi memilih menggunakan motor untuk merasakan langsung kondisi jalan tol yang sedang dibangun. Menurutnya, kondisi jalan dapat lebih dirasakan ketika mengendarai sepeda motor. Didampingi oleh beberapa menteri dan influencer, perjalanan ini menjadi momen penting untuk menilai progres pembangunan infrastruktur IKN, seperti dikutip dari Suara.com jaringan Telisik.id.

Sejumlah menteri yang turut serta dalam perjalanan ini antara lain Menteri PUPR yang juga Plt. Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni. Influencer yang ikut serta antara lain Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Irwansyah, dan Zaskia Sungkar.

Baca Juga: Presiden Jokowi Luncurkan Golden Visa bagi Good Quality Traveller

Jokowi mengapresiasi kondisi jalan tol yang dinilai cukup baik meskipun masih dalam tahap pembangunan. Ia memerintahkan Menteri PUPR untuk segera menyelesaikan pembangunan jalan tol tersebut dan menekankan pentingnya penghijauan di sekitar jalan tol. Langkah ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memastikan kelancaran infrastruktur di ibu kota baru.

Selain itu, Jokowi juga mulai menginap di Ibu Kota Nusantara bersama Ibu Negara Iriana. Mereka akan berkantor di IKN selama tiga hari untuk mengawasi perkembangan proyek dan kegiatan di sana. Kegiatan ini mencakup peresmian beberapa infrastruktur penting dan peninjauan fasilitas utama di IKN.

Kunjungan kerja ini juga menjadi kesempatan bagi Jokowi untuk mengecek kemajuan pembangunan kantor presiden dan Istana Negara di IKN. Infrastruktur ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk memindahkan pusat administrasi negara ke Kalimantan Timur. Beberapa proyek infrastruktur seperti jembatan Pulau Balang Bentang Panjang dan jalan tol IKN juga akan diresmikan dalam kunjungan ini. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS