Jelang Ramadan, Aktivitas Pelabuhan Murhum Masih Normal

Ridwan Amsyah

Reporter Baubau

Selasa, 06 April 2021  /  2:27 pm

Pelabuhan Murhum Kota Baubau. Foto: Ist.

BAUBAU, TELISIK.ID - Jelang bulan suci Ramadan, aktivitas di Pelabuhan Murhum, Kota Baubau, masih berjalan normal seperti biasanya.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (Ka KUPP) Kelas I Baubau, Pradigdo, melalui PLH, Muchlis, saat ditemui awak media ini di ruangannya, Senin (5/4/2021).

Muchlis yang juga menjabat sebagai Kasi Faspel KUPP Baubau ini mengatakan, meskipun pemerintah pusat telah mengeluarkan instruksi pelarangan mudik untuk lebaran kali ini, namun pihaknya belum melakukan persiapan apapun.

"Sampai saat ini kami belum menyiapkan apapun terkait angkutan mudik lebaran, termasuk belum membangun posko-posko. Kami masih menunggu instruksi dari pusat untuk hal tersebut," ungkap Muchlis.

Baca juga: Hari Ini RS Siloam Buton Kembali Layani Pasien BPJS

Lebih lanjut Ia mengatakan, setiap keberangkatan kapal pihaknya selalu berkoordinasi dengan pihak BMKG terkait cuaca.

"Apabila cuacanya kurang baik maka kami akan menunda keberangkatan kapal. Apalagi akhir-akhir ini cuaca memang sering berubah-ubah," lanjutnya.

Ia menambahkan, meskipun belum mendapat instruksi dari pusat, aktivitas kedatangan dan keberangkatan kapal di Pelabuhan Murhum tetap berjalan seperti biasa.

"Untuk jumlah kapal yang beroperasi masih tetap seperti biasanya. Untuk Pelni reguler sebulan bisa mencapai 35-40 kunjungan kapal. Ditambah Dharma Lautan dan kapal cepat lainnya. Jadi masih normal, belum ada penambahan atau pengurangan armada," tandasnya.

Sebagaimana diketahu, pada tahun 2019 lalu, Pelabuhan Murhum Kota Baubau merupakan pelabuhan terpadat ketujuh se-Indonesia. (B)

Reporter: Ridwan Amsyah

Editor: Haerani Hambali

TOPICS