237 Jemaah Ijtima Ulama di Gowa Akan Diskrining

Muh. Risal H, telisik indonesia
Jumat, 01 Mei 2020
0 dilihat
237 Jemaah Ijtima Ulama di Gowa Akan Diskrining
Ribuan jemaah tablig saat mengikuti ijitima ulama di Pakatto Kabupaten Gowa. Foto: Repro BBC News

" Rencana kami akan melakukan skrining kesehatan untuk 237 jemaah tersebut. "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - 237 jemaah tablig yang sempat menghadiri pertemuan ijtima ulama zona Asia di Pakatto, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan satu bulan lalu, akan diskrining.

Hal itu dilakukan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kolaka Utara sebagai langkah antisipasi pasca ditetapkannya satu kasus baru pasien terkonfirmasi positif COVID-19 cluster ijtima ulama di Pakatto.

Saat dikonfirmasi Jumat (1/5/2020), Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kolaka Utara, dr. Syarif Nur Ramly mengatakan, pihaknya telah melakukan pendataan dan tercatat ada 237 jemaah yang mengikuti kegiatan itu.

Baca juga: Pilihan Antara Sebab atau Akibat

"Rencana kami akan melakukan skrining kesehatan untuk 237 jemaah tersebut," katanya.

Dikatakannya, sebagai langkah awal, pihaknya akan melakukan skrining dalam bentuk rapid test secara bertahap dan pelaksanaannya akan didelegasikan ke wilayah Puskesmas masing-masing.

"Kami sudah berkoordinasi dengan teman-teman Puskesmas, nantinya merekalah yang akan melakukan rapid test di wilayah masing-masing. Kalau hasil rapid testnya didapatkan ada yang positif atau ada gejala baru, kami anjurkan ke Rumah Sakit Djafar Harun untuk dilakukan pemeriksaan swab," jelasnya.

Jadwal pelaksanaannya, kata Direktur BLUD RS Djafar Harun, saat ini pihaknya masih menunggu ketersediaan alat rapid test  dari provinsi.

"Kami sudah pesan dan mungkin satu atau dua hari ini sudah tiba di Kolaka Utara," tutupnya.

Reporter: Muh. Risal

Editor: Rani

Baca Juga