5 Hal yang Dilarang saat Hubungan Intim Suami Istri dalam Islam

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 11 Februari 2023
0 dilihat
5 Hal yang Dilarang saat Hubungan Intim Suami Istri dalam Islam
Ada hal yang dilarang dalam agama saat berhubungan intim antara suami istri. Foto: Repro google.com

" Karena bernilai ibadah, hubungan seksual antara suami dan istri pun patut menuruti kaidah agama "

KENDARI, TELISIK.ID - Bagi pasangan suami istri, hubungan intim merupakan sesuatu yang biasa dan wajib dilakukan. Namun ada hal yang dilarang dalam agama Islam saat melakukan hubungan intim antara suami istri.

Kewajiban melakukan hubungan intim suami istri ini berdasarkan dari hadis yang disampaikan Nabi Muhammad SAW, sebagaimana dikutip dari Republika.co.id.

Suatu ketika, sejumlah sahabat Nabi Muhammad bertanya:

"Wahai Rasulullah, apakah jika salah seorang dari kami mendatangi syahwatnya (berhubungan badan dengan istrinya) maka mendapat pahala?

Nabi Muhammad SAW menjawab: "Apa pendapat kalian seandainya dia melampiaskan syahwatnya pada yang haram, bukankah dia mendapatkan dosa. Maka demikian pula jika dia melampiaskan syahwatnya pada yang halal, maka dia memperoleh pahala." (HR. Muslim).

Karena bernilai ibadah, hubungan seksual antara suami dan istri pun patut menuruti kaidah agama. Dengan demikian, kita patut mengetahui apa saja yang dilarang dalam agama saat berhubungan intim antara suami istri.

Melansir cnnindonesia.com, berikut beberapa hal saat hubungan seksual yang dilarang dalam Islam:

1. Tidak diawali dengan doa

Doa menjadi pembuka umat Muslim setiap akan melakukan sesuatu, termasuk saat berhubungan intim. Doa akan menjamin kesucian bagi pasangan suami istri dan keturunannya kelak.

Baca Juga: Benarkah Terlalu Sering Berhubungan Intim Miss V Bakal Longgar? Ini Penjelasannya

Berikut doa memulai hubungan suami istri:

"Allahumma jannib naassyyaithaana wa jannibi syaithoona maa razaqtanaa"

Artinya:

"Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah, jauhkanlah kami dari gangguan setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami."

2. Hubungan seks melalui dubur

Islam melarang hubungan seks yang dilakukan melalui dubur. Hal ini tercantum dalam sabda Rasulullah SAW:

"Terkutuk-lah orang yang menyetubuhi istri melalui duburnya." (HR. Abu Dawud dan An-Nasa'i dari Abu Hurairah).

3. Terburu-buru

Hubungan intim tak boleh dilakukan terburu-buru tanpa mengindahkan keinginan pasangan. Lakukan hubungan seks dengan perlahan, awali dengan foreplay.

Mengutip buku Baarakallaahu Laka, Bahagianya Merayakan Cinta, dalam Islam, foreplay disebut juga dengan mubasyarah. Aktivitas ini dijadikan oleh Rasulullah sebagai pembeda hubungan badan yang dilakukan mukmin dan hewan ternak.

4. Dilakukan saat istri sedang haid

Islam juga melarang hubungan seks yang dilakukan saat istri sedang memasuki periode haid. Tak hanya secara agama, secara kesehatan, hubungan seks saat haid juga berisiko negatif.

Baca Juga: Lakukan Hubungan Intim dan Hampir Menikah, Pasangan 6 Tahun Ini Ternyata Saudara Kandung

Dalam Islam, anjuran untuk tidak berhubungan seks saat istri sedang haid tercantum dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 222.

"Dan mereka menanyakan kepadamu [Muhammad] tentang haid. Katakanlah, 'Itu adalah sesuatu yang kotor'. Karena itu, jauhilah istri pada waktu haid dan jangan kamu dekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, campurilah mereka sesuai dengan [ketentuan] yang diperintahkan Allah kepadamu. Sungguh, Allah menyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menyucikan diri."

5. Dilakukan di siang hari saat berpuasa

Sudah jelas, berhubungan seks yang dilakukan di siang hari saat puasa Ramadan hukumnya haram. Selain membatalkan puasa, pasangan suami istri juga wajib melunasi denda yang disebut kafarah.

Pasutri harus melakukan ganti puasa selama dua bulan berturut-turut atau memberi makan 60 orang fakir miskin.

Nah, itulah beberapa hal yang dilarang saat hubungan seksual dalam Islam. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga