7 Cara Cepat Mengobati Mata Bintitan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 07 Januari 2023
0 dilihat
7 Cara Cepat Mengobati Mata Bintitan
Bintitan sering muncul di kelopak mata bagian luar, tetapi terkadang juga bisa timbul di bagian dalam kelopak mata. Foto: Repro google.com

" Salah satu penyakit yang seringkali dialami seseorang di area mata adalah bintitan. Meski tidak sampai menyebabkan gangguan penglihatan, tapi harus mengetahui cara untuk mengobati kondisi ini dengan cepat "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu penyakit yang seringkali dialami seseorang di area mata adalah bintitan. Meski tidak sampai menyebabkan gangguan penglihatan, tapi harus mengetahui cara untuk mengobati kondisi ini dengan cepat.

Dikutip dari alodokter.com, bintitan atau hordeolum adalah kondisi ketika bintil menyakitkan mirip jerawat atau bisul tumbuh di tepi kelopak mata. Bintitan umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri dan biasanya hanya muncul pada salah satu kelopak mata.

Bintitan sering muncul di kelopak mata bagian luar, tetapi terkadang juga bisa timbul di bagian dalam kelopak mata. Bintil yang tumbuh di bagian dalam lebih menyakitkan daripada yang tumbuh di luar. Meski begitu, bintitan tidak sampai menyebabkan gangguan penglihatan.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Mencegah Kanker Payudara Melalui Pola Hidup Sehat

Melansir kompas.com, berikut beberapa cara yang bis akita lakukan untuk mengobati mata bintitan dengan cepat:

1. Gunakan kantong teh

Jika Anda kurang sreg menggunakan kompres hangat biasa sebagai cara mengobati mata bintitan dengan cepat, opsi lain bisa menggunakan kantong teh. Teh hitam paling baik digunakan karena bisa membantu mengurangi pembengkakan dan memiliki sifat antibakteri.

Cara mengatasi mata bintitan dengan kantong teh cukup praktis. Anda tinggal menyeduh teh celup dengan air panas. Diamkan sekitar semenit.

Setelah itu, baru gunakan untuk mengompres mata. Biarkan kompres dengan kantong teh dingin selama lima sampai 10 menit. Kompres bintitan dengan kantong teh dua kali sehari dan masing-masing gunakan kantong teh baru.

2. Gunakan kompres hangat

Kompres hangat adalah cara menghilangkan bintitan pada mata paling efektif. Suhu hangat bisa membantu mendorong nanah ke permukaan, melarutkan nanah, dan minyak sehingga cairan bisa lekas keluar secara alami.

Caranya, basahi handuk kecil bersih dengan air hangat. Pastikan airnya tidak terlalu panas. Peras kainnya agar lembab tak menetes. Baru letakkan di mata selama lima sampai sepuluh menit.

Hindari memencet benjolan untuk mencegah infeksi. Gunakan kompres hangat tiga hingga empat kali sehari sampai mata timbilan kempes.

3. Pijat ringan saat bintitan pecah

Saat bintitan pecah, pijat ringan area tersebut dengan tisu untuk menghilangkan cairan di benjolan. Sebelum memijat area tersebut, pastikan tangan dan tisu dalam kondisi bersih.

Setelah itu, jaga kebersihan di area mata dan hindari menyentuh area mata. Jangan memijat benjolan apabila terasa sakit.

4. Gunakan antibiotik dari dokter

Saat bintitan terasa menyakitkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari, dokter biasa merekomedasikan obat bintitan mata yang mengandung antibiotik. Jenis obat ini bisa beragam, tergantung lokasinya.

Ada jenis obat tetes dan salep untuk menghilangkan bintitan pada mata. Dokter juga bisa memberikan suntikan steroid untuk mengurangi pembengkakan di mata.

5. Bersihkan kelopak mata dengan sabun yang ringan

Hindari membersihkan area mata dengan sabun berbahan kimia sintetis yang keras. Gunakan jenis sabun jenis hipoalergenik dan tidak menimbulkan efek samping iritasi.

Kulit di sekitar area mata jauh lebih tipis ketimbang bagian wajah lainnya. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati memilih produk perawatan untuk area mata.

6. Minum obat penghilang rasa sakit

Salah satu obat bintitan mata adalah obat penghilang rasa sakit. Jenis obat ini bisa menghilangkan ketidaknyaman di mata karena timbilan. Pastikan Anda membaca petunjuk penggunaan obat dengan benar untuk memastikan dosis yang tepat.

Jika bintitan menyebabkan rasa sangat sakit dan mengganggu aktivitas sehari-hari, segera kunjungi dokter.

Baca Juga: 4 Cara Tingkatkan Jumlah dan Kualitas Sperma

7. Hindari memakai riasan dan lensa kontak

Selama bintitan, hindari menggunakan riasan berpewarna terutama untuk area sekitar mata. Riasan dapat membuat mata semakin iritasi dan menghambat proses penyembuhan. Selain itu, riasan juga rentan memindahkan bakteri dari mata ke alat rias dan sebaliknya sehingga infeksi bisa menyebar.

Jika Anda menggunakan lensa kontak, untuk sementara istirahatkan menggunakan produk ini sampai bintitan sembuh. Bakteri dari bintil dapat menempel di lensa kontak dan menyebarkan infeksi.

Bintitan umumnya bisa hilang dengan sendirinya dalam rentang waktu antara seminggu sampai 10 hari. Selama masa penyembuhan, menghindari memencet dan mengutak-atik mata juga bisa jadi cara mengobati mata bintitan dengan cepat.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Telisikers lakukan untuk mengobati mata bintitan dengan cepat. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga