Aplikasi Ini Bisa Bobol Data Pribadi hingga Akses Rekening

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Selasa, 07 Mei 2024
0 dilihat
Aplikasi Ini Bisa Bobol Data Pribadi hingga Akses Rekening
Bahaya aplikasi yang tidak terdaftar dalam playstore, berpotensi pencurian data pribadi. Foto: Repro Istockphoto

" Era digital saat ini ancaman terhadap keamanan data pribadi semakin nyata. Kehadiran aplikasi-aplikasi berbahaya menjadi ancaman serius, khususnya bagi pengguna perangkat Android "

KENDARI, TELISIK.ID - Era digital saat ini ancaman terhadap keamanan data pribadi semakin nyata. Kehadiran aplikasi-aplikasi berbahaya menjadi ancaman serius, khususnya bagi pengguna perangkat Android.

Tanpa disadari, aplikasi-aplikasi tersebut bisa menjadi jalan pintas bagi para peretas siber untuk mengakses informasi sensitif, bahkan rekening bank pengguna.

Menurut laporan dari MalwareFox, perangkat Android menjadi sasaran empuk bagi penjahat siber karena sistemnya yang open-source memudahkan untuk dimodifikasi.

Baca Juga: Aplikasi Freelance Penghasil Cuan Anti Ribet

Dalam laporannya, MalwareFox menyoroti beragam jenis malware seperti Trojans, Adware, Spyware, dan Keylogger yang dapat dengan mudah menginfeksi perangkat Android.

Mengutip idntimes.com, aplikasi-aplikasi berbahaya tersebut berhasil menyusup ke perangkat melalui file APK yang tersebar di internet. Aplikasi-aplikasi tersebut tidak terdaftar di Google Play Store, sehingga pengguna harus ekstra waspada saat mengunduh aplikasi dari sumber-sumber yang tidak terpercaya.

Salah satu dampak dari perangkat lunak berbahaya atau malware adalah potensi pencurian data pribadi pengguna seperti pesan, foto, video, dan bahkan informasi perbankan.

Bahkan lebih menakutkan lagi, beberapa aplikasi dapat mengendalikan perangkat secara diam-diam dari jarak jauh, meningkatkan risiko kebocoran data yang lebih serius.

Berikut adalah daftar aplikasi berbahaya yang perlu segera dihapus dari perangkat Android Anda, dirangkum dari cnbcindonesia.com:

Baca Juga: Friendster, Saingan Aplikasi Facebook Bakal Comeback

Mulai dari aplikasi, Fare Gamehub and Box (Trojan), Hope Camera-Picture Record (Trojan), Same Launcher and Live Wallpaper (Trojan), Amazing Wallpaper (Trojan), Cool Emoji Editor and Sticker (Trojan), Simple Note Scanner (Spyware), Universal PDF Scanner (Spyware), Private Messenger (Spyware).

Kemudian juga ada Premium SMS (Spyware), Blood Pressure Checker (Spyware), Cool Keyboard (Spyware), Paint Art (Spyware), Color Message (Spyware), Vlog Star Video Editor (Malware), Creative 3D Launcher (Malware), Wow Beauty Camera-Picture (Malware), Gif Emoji Keyboard (Malware),  Instant Heart Rate Anytime (Malware), dan Delicate Messenger (Malware).

Meskipun aplikasi-aplikasi ini belum terdeteksi di Google Play Store, pengguna harus tetap waspada karena beberapa di antaranya masih tersedia di platform tersebut. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga