Bak Pemenang Lari Maraton, Bacagub Lukman Abunawas Penuhi Syarat di Pilgub 2024

Erni Yanti, telisik indonesia
Selasa, 30 Juli 2024
0 dilihat
Bak Pemenang Lari Maraton, Bacagub Lukman Abunawas Penuhi Syarat di Pilgub 2024
Bacalon Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawa. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Dari beberapa bakal calon yang menguat namanya di Pilgub 2024, nama Lukman Abunawas yang telah memenuhi persyaratan di Pilkada, baik pintu partai maupun pasangan calon "

KENDARI, TELISIK. ID - Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Sulawesi Tenggara Lukman Abunawas, seperti pemenang lomba lari maraton di Pilgub Sultra 2024.

Pasalnya, dari beberapa bakal calon yang menguat namanya di Pilgub 2024, nama Lukman Abunawas yang telah memenuhi persyaratan di Pilkada, baik pintu partai maupun pasangan calon.

Hal ini diungkapkan Direktur The Haluoleo Institute Naslim Sarlito. Dia menyampaikan soal perjalanan politik beberapa kandidat bakal calon Gubernur Sulawesi Tenggara termasuk Lukman Abunawas.

Jika melihat yang telah dilalui oleh masing-masing kandidat dalam perjalanan bakal calon, baik melobi maupun meningkatkan kepercayaan kepada publik, baru Lukman Abunawas yang memiliki kelengkapan persyaratan.

"Persyaratan utama, partai pengusung sudah, bahkan lebih dan bahkan calon wakil juga sudah ada, walaupun masih menunggu proses deklarasi yang akan dilakukan secara terbuka, kita melihat dari dokumen rekomendasi Partai Demokrat dan PKB, terang jelas tanpa ada yang disembunyikan, menyebutkan pasangan calon," kata Naslim melalui video yang diunggah di instagramnya.

Kelengkapan persyaratan yang sudah dipenuhi Lukman Abunawas ini juga sudah tersebar luas. Jika dibandingkan dengan beberapa kandidat lain tidak selengkap pasangan calon Lukman Abunawas dan La Ode Ida.

"Misalnya kita sebutkan, Tina Nur Alam syarat rekomendasi partai sudah dimiliki namun kita belum mengetahui siapa pasangan calon wakilnya dan disurat rekomendasi yang diberikan masih belum memberikan dengan siapa beliau berpasangan," ungkapnya, Selasa (30/7/2024).

Baca Juga: Lukman Abunawas Unggul Jadi Bacagub Sultra Tertinggi Populasi di Survei LSI

Kemudian Ruksamin dan Abdurrahman Saleh lengkap pasangan namun partai belum mencukupi kursi baru mencapai 7 dari 9 kursi dukungan.

Andi Sumangerukka baru meumumkan bakal calon wakilnya Hugua namun partainya belum cukup.

Lebih lanjut, ia mengatakan dari indikator rekomendasi partai dan pasangan yang sudah dimiliki, hanya Lukman Abunawas dan La Ode Ida yang memenuhi syarat

Sementara bakal calon yang lain, masih harus mengurus rekomendasi partai, masih harus merumuskan siapa yang menjadi wakilnya.

"Pasca rekomendasi Partai Demokrat dan PKB diberikan kepada Lukman Abunawas, barisan tokoh pendukung menjadi lebih kaya dalam sebaran dukungan, dibandingkan kandidat yang lain," ungkapnya.

Mulai dari Dapil 5 Kolaka Raya, ia menyebut ada tiga tokoh besar ada Ahmad Syafei, Rusda Mahmud, Muhammad Jayadin.

Kemudian Dapil 3, ada La Ode Ida, Jaelani Ketua PKB,  La Ode Rifai Pedansa, Bupati Muna Bahrun Labuta dan Ahali di Buton Utara.

Selanjutnya Dapil 4 Buton Raya, Hugua, Nursalam Lada, Samahuddin, Haliana, Monianse, Dapil 6 ada bapak Amrullah kader Demokrat, dan Rusdianto kader PDI-Perjuangan.

Kemudian Dapil 2, Ketua Partai Demokrat Endang, Tio Resman, Herman Pambahako,  Senawan Silondae, mantan Bupati Bombana Atikurahman, Johan Salim.

"Dapil 1, kualifikasi bapak Lukman Abunawas sudah kita tidak ragukan lagi sangat memberikan dominasi yang kuat di Kota Kendari," katanya.

Selain melihat kecepatan Lukman Abunawas dalam memenuhi persyaratan Pilgub 2024, ia juga menilai partai pendukung di Pilgub Sultra banyak tokoh politik.

Baca Juga: Komunitas Masyarakat Maluku Sultra Dukung Bapaslon Lukman Abunawas-La Ode Ida

Kemudian prestasi PDI-Perjuangan dalam pentas Pileg 2024 dibanding 2019 meningkat. Semula 69 kursi menjadi 81 kursi, naik 12 kursi mengalahkan Partai NasDem, PBB dan PPP.

Sementara Lukman Abunawas mengatakan partai koalisi dan wakil sudah ada sehingga siap bertarung di Pilgub Sultra.

"Hari ini kita buktikan, LA bersama La Ode Ida tidak perlu diragukan, karena baru LA-IDA yang utuh sempurna koalisi partai, Partai Demokrat 4 Kursi, PKB 3 kursi tambah PDI Perjuangan 6 kursi. Jadi jumlah 13 kursi dengan syarat minimal 9 kursi. Itu artinya bahwa LA-IDA sudah sempurna dan memenuhi syarat," kata Lukman Abunawas.

Ia juga menyampaikan, ini adalah bukti sehingga tidak perlu diragukan lagi, beberapa bakal calon lain belum memenuhi syarat, ada yang sudah dapat  pintu partai namun wakilnya belum ada.

"Tapi LA-IDA sudah cukup dan utuh. Lukman Abunawas dari daratan dan La Ode Ida dari kepulauan. Pasangan ini memiliki kelebihan masing-masing," tandas Lukman. (B-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga