Deretan Negara Ini Tak Akan Jadi Peserta Piala Dunia hingga Kapanpun

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 28 November 2023
0 dilihat
Deretan Negara Ini Tak Akan Jadi Peserta Piala Dunia hingga Kapanpun
Kiribati adalah negara kecil di kawasan Samudera Pasifik. Penghuninya hanya sekitar 100 ribu orang dan sepakbola bukanlah olahraga utama di sana. Foto: Repro Indonesiadaily.net

" Ada tujuh negara yang dipastikan takkan main di Piala Dunia sampai kapan pun, padahal bermain di Piala Dunia adalah impian dari setiap tim nasional sepakbola di seluruh dunia "

KENDARI, TELISIK.ID - Banyak negara berlomba-lomba mengikuti perhelatan ajang sepak bola Piala Dunia 2026. Bahkan berusaha memberikan yang terbaik di ajang bergengsi tersebut. Namun, rupanya tak semua negara bisa ikut ajang itu.

Sebanyak tujuh negara yang takkan main di Piala Dunia sampai kapan pun, salah satu di antaranya adalah negara Eropa. Padahal, bermain di Piala Dunia adalah impian dari setiap tim nasional sepakbola di seluruh dunia.

Namun, setidaknya ada tujuh negara yang hampir bisa dipastikan takkan main di Piala Dunia sampai kapan pun di antaranya:

1. Kiribati

Dilansir dari Okezone.com, Kiribati adalah negara kecil di kawasan Samudera Pasifik. Penghuninya hanya sekitar 100 ribu orang dan sepakbola bukanlah olahraga utama di sana.

Baca Juga: Ilmuwan Ungkap Teknologi Tahun 2100, Dari AI hingga Ilmu Pengetahuan Bisa Diunduh ke Otak

Kiribati sempat mengajukan diri untuk masuk FIFA melalui Federasi Sepakbola Oseania (OFC). Namun, pengajuan itu sering ditolak karena FIFA dan OFC tak bisa bekerja sama dengan baik. Karena tak jadi bagian FIFA, Kiribati pun takkan bisa tampil di Piala Dunia.

2. Vatikan

Vatikan adalah salah satu dari sembilan negara berdaulat yang diakui sepenuhnya yang tim nasional sepak bolanya bukan anggota FIFA. Karena tidak diakui sebagai anggota FIFA, Timnas Vatikan tidak akan pernah bisa tampil di Piala Dunia hingga kiamat datang.

Vatikan juga bukan anggota UEFA seperti negara Eropa lainnya. Jika Vatikan ingin menjadi anggota UEFA, yang harus dilakukan adalah mendaftar. Jika memenuhi persyaratan, itu akan diterima.

Vatikan tidak bisa bergabung menjadi anggota FIFA karena etos timnas sepak bola Vatikan bertentangan dengan keanggotaan FIFA. Karena itulah, Timnas Vatikan tidak bisa tampil di Piala Dunia.

3. Kepulauan Marshall

Kepulauan Marshall adalah negara bekas jajahan Spanyol yang juga tidak masuk dalam anggota FIFA. Oleh karena itu, negara kepulauan ini tidak bisa tampil di Piala Dunia.

Baca Juga: Unik, di India Ada Kuil untuk Menyembah Motor Tua

4. Monaco

Dikutip dari Sindonews.com, tim nasional sepak bola Monaco dikendalikan oleh Federasi Sepak Bola Monegasque, badan pengatur semua sepak bola di Monaco. Sayangnya, Monaco bukan anggota FIFA atau UEFA, dan karena itu tidak dapat mengikuti Piala Dunia FIFA atau Kejuaraan Eropa UEFA.

5. Micronesia

Micronesia seperti halnya Vatikan dan Monaco, juga bukan anggota FIFA. Konsekuensinya, Timnas Micronesia tidak bisa tampil di Piala Dunia. Federasi Sepak Bola Micronesia sempat mendaftarkan diri sebagai anggota FIFA tapi tidak memenuhi persyaratan sehingga tidak diakui. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga