Fakultas Syariah Bersama DLHK Kendari Gagas Bank Sampah

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 03 Maret 2021
0 dilihat
Fakultas Syariah Bersama DLHK Kendari Gagas Bank Sampah
Pertemuan pembuatan bank sampah antara Fakultas Syariah dan DLHK Kendari. Foto: Ist.

" Bank sampah memiliki banyak faedah, seperti membuat lingkungan lebih bersih, menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan dan membuat sampah menjadi barang ekonomis. "

KENDARI, TELISIK.ID - Fakultas Syariah IAIN Kendari bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan menggagas bank sampah.

Kasi Pengurangan Sampah dan Limbah B3 DLHK Kendari, Sainul Latief menjelaskan, bank sampah merupakan suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Setelah itu disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul.

"Bank sampah dikelola menggunakan sistem seperti perbankan yang dilakukan oleh petugas sukarelawan. Sampah yang semakin banyak tentu akan menimbulkan banyak masalah sehingga memerlukan pengolahan sampah menjadi barang yang berguna," ungkapnya, Rabu (3/3/2021).

Tujuan utama bank sampah selain membantu menangani pengolahan sampah di Indonesia juga untuk menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi dan bersih.

"Bank sampah memiliki banyak faedah, seperti membuat lingkungan lebih bersih, menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan dan membuat sampah menjadi barang ekonomis," jelasnya.

Baca juga: Pemkot Mulai Canangkan Pemasangan Jaringan Seluler di Kebun Raya Kendari

Sementara itu Dekan Fakultas Syariah IAIN Kendari, Dr. Ipandang mengatakan, selain mengurangi sampah domestik,  bank sampah bisa memberi manfaat bagi kampus IAIN Kendari.

"620-an jumlah mahasiswa dari tiga Prodi yang berpotensi menghasilkan sampah kertas dan plastik," katanya.

Di tempat yang sama, Akademisi Fakultas Syariah IAIN Kendari Andi Novita sangat antusias mendirikan bank sampah di almamaternya. Ia memaparkan, perubahan paradigma perguruan tinggi Islam terbesar di Sultra itu.

"Nah, tentu ikhtiar baik Fakultas Syariah untuk mendirikan bank sampah akan berdampak dalam pengurangan sampah di Kota Kendari," katanya.

Andi juga menambahkan, mata kuliah hukum lingkungan kini tengah digodok di IAIN Kendari.

"Segera kami sampaikan draf MoU antara fakultas syariah dan DLHK," pungkasnya. (B)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga