Gedung Perpustakaan Desa Sawa Indah Konawe Kepulauan Capai 40 Persen

Lukman Nul Hakim, telisik indonesia
Jumat, 01 September 2023
0 dilihat
Gedung Perpustakaan Desa Sawa Indah Konawe Kepulauan Capai 40 Persen
Bangunan gedung perpustakaan Desa Sawa Indah telah mencapai 40 persen. Foto: Lukman Nul Hakim/Telisik

" Pembangunan gedung perpustakaan Desa Sawa Indah, Kecamatan Wawonii Utara, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), telah mencapai 40 persen "

KONAWE KEPULAUAN, TELISIK.ID - Pembangunan gedung perpustakaan Desa Sawa Indah, Kecamatan Wawonii Utara, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), telah mencapai 40 persen. Pembangunan yang menggunakan lahan aset desa itu merupakan hasil Musyawarah Desa (Musdes) tahun 2023.

Merupakan hasil kesepakatan Pemdes dan masyarakat Desa Sawa Indah, pembangunan perpustakaan ini anggarannya bersumber dari Dana Desa (DD). Kepala Desa Sawa Indah, Mansyur Gege mengatakan, pembangunan gedung perpustakaan Desa Sawa Indah sudah mencapai 40 persen dengan anggaran Rp 300 juta lebih, sesuai dengan APBDes.

“Untuk tahapan pengaggaran dilaksanakan awal tahun 2023, sesuai dengan usulan dari masyarakat,” ujar Mansyur, Kamis (1/9/2023).

Mansyur Gege berharap dibangunnya gedung tersebut, selain bertujuan memberdayakan serta memberikan edukasi kepada masyarakat, juga bisa digunakan untuk berkantor bagi aparat desa.

Baca Juga: Kontrak Pembangunan Perpustakaan Modern di Muna Diperpanjang

Baca Juga: Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Sejahterakan Masyarakat

“Karena melihat kondisi selama ini yang ada hanya gedung balai desa, maka saya berharap dengan adanya gedung ini, selain digunakan untuk masyarakat, juga bisa digunakan oleh aparat Pemdes untuk berkantor,” ungkapnya.

Sementara itu Sekrtaris Desa Sawa Indah, Rahmad Jurion mengatakan, dengan terbangunnya gedung perpustakaan desa, selain bermanfaat bagi masyarakat, juga dapat digunakan untuk aktivitas Pemdes dalam melayani warga yang membutuhkan pelayanan administrasi.

“Untuk target perampungan fisik gedung akan diselesaikan di tahun ini juga, karena di tahun 2024 kepala desa telah merencanakan pengadaan rak buku dan buku-buku perpustakaan yang bermanfaat bagi warga utamanya buku-buku pertanian, perikanan, agama dan buku-buku lainnya,” tambahnya. (B-Adv)

Penulis: Lukman Nul Hakim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS  

Artikel Terkait
Baca Juga