Hewan Ini Bisa Tidur Hingga 3 Tahun

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 28 Oktober 2022
0 dilihat
Hewan Ini Bisa Tidur Hingga 3 Tahun
Siput membutuhkan kelembapan untuk bertahan hidup. Jadi jika cuaca tidak mendukung, mereka bisa tidur hingga 3 tahun lamanya. Foto: Repro Okezone.com

" Siput darat tertentu dapat tidur hingga 3 tahun dalam hibernasi atau estivasi. Ada faktor penyebab mengapa seekor siput tidur dalam waktu yang sangat lama "

KENDARI, TELISIK.ID - Setiap makhluk hidup butuh tidur untuk mengembalikan energi di tubuh. Kita umumnya mengetahui jika jam tidur dari makhluk hidup hanya beberapa jam saja. Seperti ayam, burung dan sebagainya.

Namun, tak semua hewan tidur hanya beberapa jam saja. Ada hewan yang tidur berjam-jam lamanya bahkan hingga bertahun-tahun, salah satunya adalah siput.

Dikutip dari Okezone.com, siput darat tertentu dapat tidur hingga 3 tahun dalam hibernasi atau estivasi. Ada faktor penyebab mengapa seekor siput tidur dalam waktu yang sangat lama. Siput membutuhkan kelembapan untuk bertahan hidup. Jadi jika cuaca tidak mendukung, mereka bisa tidur hingga 3 tahun lamanya.

Mengutip dari Grid.id, waktu tiga tahun yang digunakan siput ini bukan tidur, melainkan hibernasi. Beberapa jenis siput akan melakukan hibernasi selama tiga tahun, terlebih jenis siput yang ada di alam liar.

Baca Juga: Buku Konseling Perilaku Seks Berisiko pada Remaja, Elna Sari: Seks Tak Seharusnya Pra Nikah

Baca Juga: 5 Fakta Hewan Mamalia Berkembang Biak dengan Bertelur

Berbeda dengan hewan lainnya, siput tidur tidak tergantung siang atau malam. Umumnya siput akan tidur nyenyak selama 13 sampai 15 jam. Setelah itu, mereka akan mengalami sentakan energi yang tiba-tiba selama 30 jam berikutnya.

Hal ini dilakukan kalau siput berada di lingkungan yang terlalu dingin dan kering. Detak jantung siput kemudian akan melambat dan membuat siput terlihat seperti mati, sebenarnya detak jantung siput yang melambat dan menurun ini dilakukannya untuk menghemat energinya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga