adplus-dvertising

Ini 5 Tips Memilih Lipstik Bagi Kamu yang Punya Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Sasmiraza, telisik indonesia
Kamis, 13 Januari 2022
284 dilihat
Ini 5 Tips Memilih Lipstik Bagi Kamu yang Punya Bibir Kering dan Pecah-Pecah
Bibir kering dan pecah-lecah akibat salah memilih lipstik. Foto: Repro merdeka.com

" Buat kita yang punya bibir kering terkadang was-was saat akan memilih lipstik "

KENDARI, TELISIK.ID - Lipstik menjadi salah satu step penting dalam ber-makeup. Lipstik bisa membuat wajahmu yang tadinya pucat jadi tampak lebih hidup dan fresh.

Beragam jenis lipstik juga mudah kamu temui di pasaran. Mulai dari yang bertekstur creamy hingga matte, kamu bisa sesuaikan lipstik dengan kebutuhan.

Sayangnya, buat kita yang punya bibir kering terkadang was-was saat akan memilih lipstik. Alih-alih tampil cantik, kalau salah pilih lipstik, bibir justru akan terlihat kering dan pecah-pecah.


Supaya gak salah pilih lagi, simak 5 hal berikut yang harus kamu diperhatikan dalam memilih lipstik untuk kamu yang punya bibir kering, dilansir dari idntimes.com:

1. Pilih lipstik yang mengandung pelembap.

Sebelum membeli lipstik, coba deh biasakan untuk melihat kandungan atau bahan-bahan pembuatannya. Untuk kamu yang punya masalah bibir kering, pilihlah lipstik yang mengandung bahan pelembap. Kamu bisa pilih lipstik yang memiliki kandungan pelembap alami seperti madu, vitamin e, cocoa butter, atau minyak zaitun.

2. Pilih creamy lipstik daripada matte.

Meskipun cepat hilang, creamy lipstik menjadi pilihan yang lebih baik ketimbang lipstik berjenis matte untuk bibir kering. Creamy lipstik biasanya dilengkapi dengan moisturizer yang bisa membantu menjaga kelembapan bibir.

Baca Juga: 3 Cara Menjaga Konsistensi Belajar yang Bisa Kamu Lakukan

3. Gunakan lip balm dengan tint warna untuk kesan natural.

Daripada menggunakan lipstik setiap hari, kamu bisa ganti dengan lip balm yang memiliki tint warna. Selain kandungannya yang melembabkan, lip balm jenis ini juga membuat rona pada bibir terlihat lebih alami. Pas buatmu yang suka gaya makeup natural!

4. Hindari lipstik yang mengandung alkohol.

Bukan hal baru bila alkohol digunakan dalam pembuatan kosmetik. Kalau kamu punya bibir kering, kamu harus lebih cermat dalam melihat komposisi bahan dari lipstik yang akan dibeli. Hindari menggunakan lipstik yang punya kandungan alkohol di dalamnya. Hal ini akan membuat bibirmu jadi terasa semakin kering, lho!

5. Selalu jaga kelembapan bibir.

Step paling penting untuk pemilik bibir kering dalam memilih lipstik adalah selalu menjaga kelembapan dan kesehatan bibir. Percuma kamu membeli lipstik yang mahal dan kaya akan moisturuzer tapi tidak rajin merawat bibirmu. Lakukan hal sederhana seperti lip scrubbing, menggunakan lip balm dengan teratur, dan menggunakan lip mask agar bibirmu tak lagi pecah-pecah.

Sementara itu, dikutip dari Alodokter.com, keluhan bibir pecah-pecah bisa disebabkan karena kelembapan bibir kurang dan kebiasaan menjilat bibir.

Selain itu adanya iritasi atau alergi terhadap kosmetik bibir juga bisa menyebabkan keluhan bibir kering, pecah, dan mengelupas. Keluhan Anda juga bisa disebabkan karena kondisi cheilitis.

Cheilitis merupakan kondisi pecah-pecah pada bibir yang lebih parah dan bisa disebabkan karena adanya infeksi jamur ataupun infeksi bakteri. Cheilitis bisa menimbulkan keluhan sudut bibir pecah-pecah, berkerak, gatal, bengkak, kemerahan, dan bisa berdarah atau melepuh.

Tindakan Anda menghentikan pemakaian kosmetik bibir yang sifatnya matte, meningkatkan asupan buah, dan memakai petroleum jelly sudah sangat tepat. Selain tindakan tersebut, Anda juga bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

Baca Juga: Mau Rambut Tebal? 5 Cara Ini Bisa Anda Coba

• Banyak minum air putih 2-3 liter/hari

• Gunakan lip balm atau lip mask lebih sering, petroleum jelly juga bisa digunakan pada bibir

• Hindari kebiasaan menjilat bibir

• Hindari paparan sinar matahari berlebih, bisa memakai lip balm yang mengandung SPF

• Hindari pemakaian kosmetik bibir untuk sementara waktu

• Hindari mengelopek kulit bibir yang mengelupas

• Usahakan tidak bernapas melalui mulut

• Kurangi konsumsi makanan pedas dan asam serta minuman berkafein

• Hindari merokok dan alkohol

• Jika sudah tidak berdarah dan tidak nyeri, sebaiknya rajin melakukan eksfoliasi bibir dengan madu+gula, lip scrub, atau dengan jari yang basah. Eksfoliasi sel kulit mati sangat membantu agar bibir tidak kering dan pecah-pecah

Jika kondisi bibir tidak segera membaik dengan tips di atas, disarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter secara langsung supaya bisa diberikan penanganan lebih lanjut untuk hasil lebih maksimal. Apabila terdapat infeksi pada bibir, dokter juga bisa memberikan pengobatan yang lebih tepat. (C)

Reporter: Sasmiraza

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga