Ini Keutamaan Puasa Sunnah Tarwiyah dan Arafah di Bulan Dzulhijjah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 13 Juni 2024
0 dilihat
Ini Keutamaan Puasa Sunnah Tarwiyah dan Arafah di Bulan Dzulhijjah
Salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam bulan Dzulhijjah adalah melakukan puasa sunnah Tarwiyah dan Arafah. Foto: Repro cdn.kqed.org

" Masuk ke dalam sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, sangat disarankan untuk meningkatkan ibadah, seperti lebih banyak berdzikir, bersedekah, membaca Al-Qur'an, dan melakukan berbagai amalan sunnah lainnya. Salah satunya adalah melakukan puasa sunnah Tarwiyah dan Arafah "

KENDARI, TELISIK.ID - Masuk ke dalam sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, sangat disarankan untuk meningkatkan ibadah, seperti lebih banyak berdzikir, bersedekah, membaca Al-Qur'an, dan melakukan berbagai amalan sunnah lainnya. Salah satunya adalah melakukan puasa sunnah Tarwiyah dan Arafah.

Keutamaan meningkatkan ibadah di bulan Dzulhijjah, dikutip dari NU Online, terdapat dalam hadist Rasulullah SAW. Rasulullah mengatakan, "Tidak ada hari di mana amal saleh lebih dicintai oleh Allah daripada sepuluh hari pertama Dzulhijjah." Para sahabat bertanya, "Tidak juga dari jihad fi sabilillah?" Beliau menjawab, "Tidak, kecuali seseorang yang keluar dengan diri dan hartanya lalu ia tidak kembali dengan satu pun dari keduanya."

Hadits ini mengajarkan untuk meningkatkan ibadah selama sepuluh hari pertama Dzulhijjah, seperti membaca Al-Qur'an, berdzikir, bertasbih, bersilaturahim, dan berpuasa.

Baca Juga: Besarnya Keutamaan Para Pencari Nafkah Keluarga

Ibnu Hajar al-Asqalani (w. 1449 M) dalam Fath al-Bari menjelaskan bahwa keistimewaan sepuluh hari pertama ini karena pada hari-hari tersebut terdapat penggabungan ibadah-ibadah utama seperti shalat, puasa, sedekah, dan haji, yang tidak terdapat pada bulan lainnya (Fath al-Bari, juz 3, h. 390).

Syekh Zakaria al-Anshari (w. 1520 M) dalam Asna al-Matalib menegaskan bahwa pada tanggal satu sampai sembilan Dzulhijjah disunahkan untuk berpuasa. Pada tanggal satu sampai tujuh disunahkan bagi mereka yang sedang melaksanakan ibadah haji atau tidak, sementara tanggal delapan (Hari Tarwiyah) dan sembilannya (Hari Arafah) disunahkan hanya bagi yang tidak sedang dalam keadaan ihram haji.

Keutamaan puasa Arafah, dikutip dari muhammadiyah.or.id, ditegaskan dalam beberapa hadis Nabi Muhammad SAW. Salah satu di antaranya adalah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Qatadah. Dalam hadis tersebut, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa puasa pada hari Arafah dapat menghapus dosa-dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

Seperti yang tercatat dalam hadis, "Dari Abu Qatadah, Rasulullah SAW ditanya tentang puasa hari Arafah, lalu beliau menjawab: 'Puasa hari Arafah menghapus dosa-dosa satu tahun lalu dan satu tahun yang akan datang...'" (HR jamaah ahli hadis kecuali al-Bukhari dan at-Tirmidzi).

Namun demikian, perlu dipahami bahwa penghapusan dosa yang dimaksud dalam konteks ini adalah dosa-dosa kecil. Dosa-dosa besar seperti syirik, zina, meninggalkan salat, dan sebagainya, memerlukan pertaubatan yang sungguh-sungguh.

Baca Juga: Deretan Jenderal Muslim Paling Ditakuti Musuh, dari Sahabat Rasulullah hingga Pembebas Baitul Maqdis

Diketahui, dikutip dari baznas.go.id, bahwa puasa Tarwiyah menjadi awal dari serangkaian ibadah haji. Para jamaah haji mulai mempersiapkan diri untuk wukuf di Arafah. Puasa Arafah memberikan tambahan kekuatan fisik dan spiritual kepada para jamaah haji sebelum melaksanakan rukun haji. Selain itu, puasa Tarwiyah dianggap mampu menghapus dosa-dosa dari tahun sebelumnya.

Tidak hanya itu, orang yang melaksanakan puasa Tarwiyah juga akan mendapatkan pahala yang besar, sebagaimana yang disebutkan dalam riwayat Abu Hurairah dalam kitab Nuzhah Al-Majalis wa Muntakhab Al-Nafais:

"Barangsiapa yang berpuasa pada hari Tarwiyah, maka Allah akan memberikan kepadanya pahala seperti pahala kesabaran Nabi Ayub atas musibahnya. Barangsiapa yang berpuasa pada hari Arafah, maka Allah akan memberikan kepadanya pahala seperti pahala Nabi Isa." (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga