Kabupaten Konawe Terpilih Tempat Launching Desa Cantik BPS

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 30 Januari 2023
0 dilihat
Kabupaten Konawe Terpilih Tempat Launching Desa Cantik BPS
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa saat menghadiri acara penganugrahan Desa Cantik di Jakarta. Foto: Ist.

" Ada 12 kelurahan dan desa yang mendapat penghargaan award Desa Cantik terbaik tahun 2022, salah satunya yaitu Kelurahan Toriki "

KONAWE, TELISIK.ID – Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, terpilih menjadi tempat launching Desa Cantik karena telah melakukan pencanangan Satu Data Indonesia (SDI). Selain itu, Konawe juga telah menggunakan perencanaan, evaluasi, dan kebijakan berdasarkan data atau berbasis data.

Rombongan Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS RI) yang dipimpin langsung Deputi Bidang Statistik, Distribusi dan Jasa, Setianto, SE, M.Si, melakukan kunjungan kerja di Kelurahan Toriki dalam rangka kegiatan launching desa/kelurahan Cinta Statistik (Cantik), Senin (20/6/2022) lalu.

Dimana saat itu Kelurahan Toriki, Kecamatan Anggaberi, Konawe, terpilih sebagai desa/kelurahan Cantik oleh BPS RI.

Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe Dr. Ferdinand Sapan mengapresiasi Kelurahan Toriki yang telah berhasil meraih penghargaan Award Desa Cantik tahun 2022 dari Badan Pusat Statistik Republik Indonesia.

Ferdinand Sapan menyebut, ada 12 kelurahan dan desa yang mendapat penghargaan award Desa Cantik terbaik tahun 2022, salah satunya yaitu Kelurahan Toriki.

Baca Juga: KPU Konawe Bantah Isu Dugaan Pungli Perekrutan PPS

Ia mengatakan penganugerahan award Desa Cantik tahun 2022 akan diberikan secara langsung oleh Menteri PAN RB dan Kepala BPS RI kepada kepala desa/lurah Desa Cantik terbaik tahun 2022.

“Kegiatan yang berlangsung pada hari ini 30 Januari 2023, dilaksanakan di Aryanusa Ballroom Lantai 2, Menara Dana Reksa, Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 14, RW.02 Gambir, Jakarta Pusat,” katanya.

Ia menambahkan, penganugerahan award Desa Cantik tahun 2022 ini dintegrasikan dengan launching reformasi birokrasi BPS tahun 2023 dan dihadiri langsung oleh Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa.

Berdasarkan surat BPS RI Nomor: B-069/04300/SS.510/01/2023 tertanggal 26 Januari 2023, disebutkan sebanyak 12 desa/kelurahan berhak menerima penghargaan award Desa Cantik terbaik tahun 2022.

Baca Juga: Rencana Dihadiri 11 Kepala Negara, Begini Pengamanan ASEAN Sumnit di Labuan Bajo

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik, Margo Yuwono, dalam kegiatan penganugrahan Desa Cantik menuturkan, reformasi birokrasi BPS itu karena data dari BPS itu sangat penting dalam berbagai aspek.

"Kita tahu betul saat negara kita dilanda krisis COVID-19 atau kondisi global maka data-data yang kita hasilkan mengenai pertumbuhan ekonomi dan inflasi memegang peran yang sangat penting," ujarnya.

Ia menambahkan, ke depannya semoga semua data dari BPS akan terhubung dengan Kementerian Dikdukcapil. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga