KPU Kota Kendari Luncurkan Dua Buku Tentang Pemilu 2019

Musdar, telisik indonesia
Minggu, 20 Desember 2020
0 dilihat
KPU Kota Kendari Luncurkan Dua Buku Tentang Pemilu 2019
Penyerahan buku oleh Ketua KPU Kota Kendari kepada Wali Kota Kendari. Foto: Musdar/Telisik

" Oleh karena itu KPU Kota Kendari berusaha mencatatkan dalam sebuah buku. "

KENDARI, TELISIK.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari meluncurkan dua buah buku tentang pemilihan umum (Pemilu) 2019.

Dua buku itu berjudul "Data dan Infografik Pemilu 2019 di Kota Kendari" dan "Buku Pemilu 2019 di Kota Kendari Dalam Liputan Pers".

Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Saleh mengatakan, sebuah peristiwa terjadi menjadi sejarah ketika tercatatkan. Demikian dengan peristiwa Pemilu akan menjadi sejarah jika seluruh proses, dinamika dan hasil-hasil Pemilu tercatatkan terlebih lagi dalam sebuah buku.

Pemilu 2019, lanjut Jumwal, adalah momentum penting bersejarah bagi bangsa, karena pertama kali dilaksanakan pemilu serentak yang menggabungkan pemilu presiden-wakil presiden dan pemilu legislatif.

"Oleh karena itu KPU Kota Kendari berusaha mencatatkan dalam sebuah buku," kata Jumwal di Rock Cafe, Jl Ahmad Yani, Minggu (20/12/2020).

Selain itu, alasan lain yang melatarbelakangi KPU mencatatnya dalam sebuah buku agar dijadikan dokumentasi hasil Pemilu 2019.

Baca juga: Siap-Siap Warga Kendari akan Skrining Massal

"Karena berdasarkan pengalaman kami, KPU sebagai instansi pelayanan informasi publik terkait dengan pemilihan, beberapa masyarakat datang ke KPU untuk mengambil data-data pemilu sebelumnya, ternyata kami kesulitan memperoleh data itu, sehingga KPU Kota Kendari di periode ini, berusaha mendokumentasikan hasil-hasil pemilihan ini. Tentu saja, ini dalam rangka akuntabilitas dan transparansi hasil Pemilu 2019 lalu," ungkap Jumwal.

Jumwal lebih jauh menjelaskan, kedua isi dari buku tersebut pertama, buku Data dan Infografik Pemilu 2019 di Kota Kendari, merupakan ringkasan tentang penyelenggara tahapan, jadwal dan program, serta hasil-hasil Pemilu 2019 dalam bentuk data dan informasi.

Buku itu dikemas lewat grafis yang apik dan menarik untuk memudahkan pembaca mengindentifikasi dan menganalisis capaian-capaian kinerja yang telah dilaksanakan KPU Kota Kendari.

"Data dan informasi yang tertoreh dalam buku ini menunjukkan parameter penyelenggaraan pemilu 2019 yang berintegritas dan dapat dipertanggungjawabkan," tambah Jumwal.

Selanjutnya, Buku Pemilu 2019 di Kota Kendari Dalam Liputan Pers, dimana dalam buku tersebut, kata Jumwal, berisikan sebuah berita dari media nasional, lokal, baik cetak maupun online tentang pelaksanaan Pemilu 2019.

"Memang jika dilihat bukunya hanya berisi berita, tetapi dibalik itu, dalam buku sederhana ini menggambarkan potret, ada dinamika dan ada hasil-hasil pemilihan, karena di dalam buku itu semua berita yang mengkritisi dan menyoroti KPU kami masukan sebagai bagian dari akuntabilitas dan prinsip pemilu yang transparan dan terbuka," jelasnya.

Baca juga: Tondonggeu, Satu-satunya Kelurahan di Kendari yang Tak Ada Warganya Terpapar COVID-19

Sementara itu, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, mengapresiasi langkah KPU Kota Kendari dalam upaya mendokumentasikan hasil pemilu 2019 dalam sebuah buku.

"Seperti apa yang disampaikan ketua KPU Kota Kendari, banyak peristiwa penting di Pemilu 2019 yang patut kita catat dan penting menjadi referensi untuk penyelenggaraan Pemilu berikutnya," kata Sulkarnain.

Sulkarnain percaya kepada KPU Kota Kendari, dengan langkah-langkah yang dilakukan, penyelenggaraan pemilu kedepan akan jauh lebih baik dan berkualitas.

Senada dengan itu, Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan mengapresiasi langkah dan gagasan KPU Kota Kendari.

"Kalau bisa buku ini pasca diluncurkan kami 35 anggota DPRD Kota Kendari, ingin bisa memiliki termasuk mungkin juga partai-partai politik. Biarlah ini menjadi informasi, agar pemilu ke depan menghasilkan pemilu yang lebih baik walaupun dalam kompetisi yang penuh tantangan," tutupnya. (A)

Reporter: Musdar

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga