KPU Sultra Lapor ke Mendagri, Dua Daerah Belum Lunasi Dana Pilkada

Musdar, telisik indonesia
Kamis, 09 Juli 2020
0 dilihat
KPU Sultra Lapor ke Mendagri, Dua Daerah Belum Lunasi Dana Pilkada
Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian. Foto: Musdar/Telisik

" Kabupaten Konawe Utara (Konut) dan Wakatobi belum 100 persen mentransfer dana Pilkada ke Kas KPU. "

KENDARI, TELISIK.ID - Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Abdul Natsir melaporkan ada dua Kabupaten belum 100 persen mentransfer dana Pilkada 2020.

Informasi itu dilaporkan kepada Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian saat berkunjung di Kota Kendari, Sultra, Kamis 9 Juli 2020.

"Kabupaten Konawe Utara (Konut) dan Wakatobi belum 100 persen mentransfer dana Pilkada ke Kas KPU," terang La Ode Abdul Natsir.

Abdul Natsir merincikan, Konut baru mentransfer sekitar 54,35 persen dan Kabupaten Wakatobi baru mentransfer sekitar 40 persen.

Baca juga: Mendagri Soroti Bupati Konsel, Hingga Ancam Diperiksa

Sementara itu, Kabupaten Muna, Konawe Kepulauan (Konkep), Kolaka Timur (Koltim) Buton Utara (Butur) dan Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dilaporkan sudah 100 persen mentransfer dan masuk di Kas KPU.

Abdul Natsir menjelaskan perihal dana Pilkada, dua daerah menyampaikan masih menemui kendala, namun diupayakan sesegara mungkin akan dilunasi.

"Kami KPU tentunya hanya menunggu itu terealisasi," ungkapnya.

Diketahui, dana yang dimaksud adalah dana yang sudah disepakati daerah yang akan menggelar Pilkada melalui dana Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) khususnya dana penanganan COVID-19 untuk kebutuhan tahapan Pilkada. 

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga