adplus-dvertising

KRI Nanggala 402 Ditemukan, Seluruh Awak Dinyatakan Meninggal

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 25 April 2021
2582 dilihat
KRI Nanggala 402 Ditemukan, Seluruh Awak Dinyatakan Meninggal
KRI Nanggala 402. Foto: Repro Tempo.co

" Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut, dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur "

BALI, TELISIK.ID - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan seluruh awak Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang berjumlah 53 orang, dipastikan meninggal dunia.

Hal tersebut diketahui setelah hasil visual kamera bawah laut.

Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut, dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur.


Hasil visual kamera memperlihatkan bagian kemudi KRI Nanggala yang meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, hingga baju keselamatan awak kapal.

"Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut, dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur," ujar Hadi dalam konferensi pers, dilansir dari Kumparan.com, Minggu (25/4/2021).

Hadi menambahkan, KRI Nanggala dinyatakan tenggelam, tim satgas SAR telah mengerahkan seluruh kemampuan sejak Sabtu 24 April 2021 malam untuk memastikan keberadaan KRI Nanggala.

Baca Juga: Kepala BIN Papua Tewas Ditembak KKB di Beoga

Kemudian KRI Rigel melakukan pemindaian secara lebih akurat di lokasi menggunakan magnetometer. Sehingga dapat menghasilkan citra bawah air yang lebih detail.

Diketahui, setelah empat hari pencarian intensif, kemarin Sabtu 24 April 2021 sejumlah benda berhasil ditemukan di dekat lokasi tumpahan minyak.

Diantaranya pelurus torpedo, pipa pendingin dengan tulisan Korea Selatan, alas yang dipakai oleh ABK untuk beribadah, solar hingga pelumasan untuk naik turun periskop kapal selam.

Selain itu ditemukan juga sponge untuk menahan panas di dalam lambung kapal sehingga tidak terjadi kondensasi. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga