adplus-dvertising

Megawati Tindak Tegas Kader PDIP Bicara Koalisi

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 21 Juni 2022
292 dilihat
Megawati Tindak Tegas Kader PDIP Bicara Koalisi
Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputeri saat menyampaikan sambutan Rakernas ke-2 PDIP di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022). Foto: Repro Tribunnews.com

" Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputeri menegaskan bahwa dirinya tak segan-segan menindak tegas kader jika bicara koalisi Pilpres 2024 "

JAKARTA, TELISIK.ID - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputeri menegaskan bahwa dirinya tak segan-segan menindak tegas kader jika bicara koalisi Pilpres 2024.

Hal ini disampaikannya dalam Rakernas II PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022). Menurut Megawati, dalam sistem negara presidensil tak dikenal namanya koalisi.

"Ini yang saya tegaskan itu mestinya diquote benar oleh media, kita sistem nya adalah presidensial bukan sistem parlementer. Akibatnya kan saya suka bingung lho bapak Presiden, kok bilang koalisi koalisi koalisi, tidak ada, tidak ada. Kalau kerja sama yes," kata Megawati, dikutip dari Suara.com - jaringan Telisik.id.


Lebih lanjut, Megawati menyebut, koalisi hanya ditemukan pada pemilihan perdana menteri. Terlebih bagi negara-negara yang menganut sistem parlementer.

Untuk itu, ia menegaskan, di Indonesia tak ada yang namanya perdana menteri. Sehingga kader tak perlu lagi bicara soal koalisi partai.

"Ini tata kenegaraan kita ini, tata negara kita tau gak? Kalau masih ada yang ngomong di PDI Perjuangan urusan koalisi-koalisi, out!, berarti gak ngerti sistem ketatanegaraan kita," tuturnya.

Baca Juga: Kebiasaan Matikan Mikrofon Saat Sidang Paripurna, PKS Ogah Usul Puan Maharani di Pilpres

Lebih lanjut, Megawati mengatakan hal tersebut sebagai sebuah kritik yang membangun. Ia pun meminta pernyataannya dikutip dengan benar.

"Bukannya saya ini, ini kritik membangun lho jangan mainin saya diguling-guling, di goreng-goreng. Ini tata pemerintahan dan tata kenegaraan Republik Indonesia lho saya udah gak tahan. Lho kok jadi gini piye," tandasnya.

Baca Juga: Lahir dan Cinta Kota Kendari, Sitya Giona Nur Alam Siap Tarung di Pilwali 2024

Pada Rakernas ke-2 PDIP itu, dibuka langsung oleh orang nomor wahid di Indonesia yakni Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Pada siang hari ini rapat kerja kedua PDI tahun 2021-2022 secara resmi saya buka," kata Jokowi, dikutip dari tribunnews.com. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Musdar

Baca Juga