Mengenal 4 Jenis Kopi Termahal di Dunia

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 05 Desember 2022
0 dilihat
Mengenal 4 Jenis Kopi Termahal di Dunia
Kopi menjadi salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Foto: Repro travel.tribunnews.com

" Salah satu jenis minuman yang dewasa ini banyak digemari masyarakat adalah kopi. Bukan lagi hanya orang dewasa, tapi juga dari kalangan anak muda "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu jenis minuman yang dewasa ini banyak digemari masyarakat adalah kopi. Bukan lagi hanya orang dewasa, tapi juga dari kalangan anak muda.

Pada umumnya, kopi merupakan minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi menjadi salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara.

Dikutip dari ottencoffe.co.id, dunia perkopian berkembang dengan pesatnya akhir-akhir ini. Mereka yang mulanya hanya sekedar menikmati kopi instan dan (paling-paling) kopi tubruk di rumah kini telah beranjak ke kedai kopi dan menikmati aneka kopi dari mesin espresso.

Kabar baiknya banyak penikmat kopi pemula yang menikmati kopi dengan level lebih tinggi.

Baca Juga: 3 Resep Rumahan Ala Bintang 5 Bisa Dicoba Awal Bulan

Melansir yoursay.id, berikut beberapa jenis kopi termahal di dunia yang perlu kita tahu:

1. Black Ivory (Kopi Gajah)

Kalau di Indonesia ada yang namanya Kopi Luwak, maka di Thailand ada Kopi Gajah. Namanya tentu saja bukan Kopi Gajah, melainkan Black Ivory.

Sama dengan pola pembuatan Kopi Luwak yang menggunakan bantuan hewan, proses pembuatan kopi Black Ivory juga menggunakan bantuan hewan. Dalam hal ini ialah gajah.

Sebelum kopi mulai diproses oleh perut gajah, para ahli kopi dari Black Ivory Coffee Co Ltd terlebih dahulu mencampur biji kopi dengan berbagai ramuan khas penambah cita rasa. Seperti berbagai jenis buah-buahan sampai tebu.

Di dalam perut gajah, semua itu akan tercampur dengan sempurna serta dapat menghasilkan biji kopi yang sangat kaya rasa.

Bagi mereka yang pernah mencicipi Black Ivorry ini, kopi ini mempunyai sentuhan sedikit rasa cokelat, malt, serta rempah-rempah. Ada juga yang rasanya mirip seperti teh. Overall, rasanya terasa ringan serta tidak meninggalkan kesan pahit seperti kopi pada umumnya.

Kopi yang dihasilkan dengan proses pengolahan ini sangatlah sedikit. Dari sekitar 16 Kg kopi yang diproses dalam perut gajah, mungkin hanya sekitar 0,4 Kg saja yang dapat menjadi Black Ivory.

Saking sedikitnya kopi yang dihasilkan, oleh sebab itu Black Ivory seringkali dianggap sebagai kopi terlangka di dunia. Mau tahu harganya? Per 443 gram dihargai Rp 6.600.000. Wow!

2. Kopi luwak

Kopi luwak memang diolah dengan bantuan binatang Luwak. Binatang ini dikenal sangat handal dalam memilah biji kopi yang telah masak atau belum.

Selanjutnya, sistem pencernaannya akan membuat kopi tersebut terfermentasi secara alami di dalam perutnya.

Kopi Luwak terbaik ialah yang dihasilkan oleh luwak liar. Oleh sebab itu, proses pencarian kopinya pun menjadi sangat sukar.

Selain itu, kopi hasil luwak liar pun terbatas jumlahnya. Maka tidak heran apabila harga Kopi Luwak tergolong mahal. Per kilogram nya bisa mencapai Rp 4.100.000.

3. Blue Mountain Jamaica

Ada satu lagi jenis kopi mahal yang sangat disukai oleh orang Jepang: Blue Mountain Coffee. Dibudidayakan di wilayah pegunungan Blue Mountain, Jamaika. Sehingga disebut sebagai kopi Blue Mountain.

Rasa ringan serta adanya sedikit rasa pahit yang terdapat pada kopi Blue Mountain terbentuk dari tempat budidayanya yang tinggi, sekitar 7.400 m di atas permukaan laut. Kopi Blue Mountain juga terkenal karena memiliki wangi herbal yang khas.

Kopi ini merupakan jenis kopi premium yang termasuk digilai oleh para pencinta kopi. Harga per kilo nya bisa mencapai Rp 1.200.000.

4. Hacienda La Esmeralda

Kopi dari daerah Amerika Tengah-Selatan banyak yang masuk ke dalam daftar kopi premium di dunia. Di Panama ada satu satu jenis kopi premium yang sangat layak untuk diperhitungkan, yaitu Hacienda La Esmeralda.

Baca Juga: 3 Resep Rumahan Penyelamat Tanggal Tua

Kopi ini dibudidayakan oleh keluarga Paterson di Boquette yang mempunyai wilayah di ketinggian 1.850 mdpl.

Setiap seduhan kopi Hacienda merupakan paduan kompleks yang sangat nikmat. Ada jejak rasa jeruk serta bunga dalam kopi ini.

Selain itu terdapat aroma jambu di dalam kopi ini. Lidah kita akan merasakan adanya rasa kopi halus yang samar-samar tercampur dengan madu. Harga per 450 gram kopi ini berkisar dari Rp 4.600.000.

Nah Telisikers, itulah beberapa jenis kopi termahal di dunia yang perlu kita ketahui. Semoga artikel ini ada manfaat yang bisa kita ambil. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga