Negara Ini Rela Bayar Mahal Warga Asing Demi Tinggal di Wilayahnya

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 03 Februari 2024
0 dilihat
Negara Ini Rela Bayar Mahal Warga Asing Demi Tinggal di Wilayahnya
Albinen adalah sebuah kota yang letaknya berada di wilayah dekat Leukerbad, Valais, Swiss. Kota ini juga terletak di dekat Gunung Alpen menawarkan bagi siapapun yang ingin tinggal diwilayahnya selama 10 tahun. Foto: Detik.com

" Warga negara berhak untuk memilih kewarganegaraan yang mereka inginkan. Di wilayah tertentu, terutama Eropa, masih membutuhkan penduduk karena beberapa di antaranya hanya dihuni oleh warga lokal yang lanjut usia "

KENDARI, TELISIK.ID - Warga negara berhak untuk memilih kewarganegaraan yang mereka inginkan. Di wilayah tertentu, terutama Eropa, masih membutuhkan penduduk karena beberapa di antaranya hanya dihuni oleh warga lokal yang lanjut usia.

Ditambah di beberapa negara Eropa memiliki angka kelahiran yang rendah. Untuk mengatasi kekurangan populasi tersebut, sejumlah negara pun menawarkan benefit bahkan mau membayar mahal orang-orang yang mau pindah ke wilayah yang sepi penduduk itu.

Berikut ini deretan negara yang rela bayar mahal demi orang-orang bisa tinggal di wilayahnya dilansir dari Cxomedia.id, antara lain:

Baca Juga: 600 Persen Wilayah Daratan Arab Saudi Menghijau, Hadis Nabi tentang Kiamat Dekat?

1. Spanyol

Ponga Spanyol, di provinsi dan wilayah otonom Asturias, menawarkan keluarga hingga €3000 untuk membantu mereka menetap, bersama dengan tambahan €3000 untuk setiap bayi yang lahir di kota. Ini belum semuanya, kota Rubia selanjutnya akan menawarkan mereka yang bersedia pindah ke sana €100-150 per bulan untuk menambah penghasilan mereka.

2. Swiss

Inilah kesempatan bagi mereka yang ingin pindah ke Swiss! Albinen Swiss menawarkan penawaran unik. Untuk meningkatkan populasi kota, mereka menawarkan ekspatriat, di bawah usia 45, uang sebesar US$25.200 untuk pindah ke sana. Namun, mereka yang bersedia menerima tawaran ini, akan berkomitmen untuk tinggal di negara itu selama 10 tahun. Selain itu, Anda harus menjadi penduduk Swiss, atau Anda harus menikah dengan penduduk Swiss.

3. Portugal

Di tahun 2020, Portugal merilis skema hibah pedesaan Emprego Interior MAIS (Inland Employment PLUS). Pekerja yang mau pindah ke daerah pedesaan bisa mengajukan dana hingga 4.827 Euro atau sekitar Rp78 juta bila mau tinggal di Portugal selama 1 tahun lamanya.

4. Australia

Negara yang masih dekat dengan Indonesia ini juga menawarkan bantuan relokasi sampai 6.000 dolar Australia atau sekitar Rp60 juta untuk siapapun yang mau pindah ke wilayah regional. Tapi dengan syarat, orang yang pindah sudah berkeluarga dan punya anak, orang yang berencana punya anak setelah menetap, atau punya jaminan pelamar tinggal di sana dalam jangka waktu panjang. Misalnya punya pekerjaan tetap di Australia.

Baca Juga: Putusan Mahkamah Internasional Mengecewakan, ICJ Tak Melarang Israel Hentikan Genosida di Palestina

5. Chili

Dilansir dari Bisnis.com, Selama bertahun-tahun, Start-Up Chile telah memberikan bantuan kepada pengusaha tahap awal melalui program yang menawarkan hingga 25 juta peso, selain menawarkan lokakarya, pelatihan lapangan, dan pendampingan bagi mereka yang bersedia untuk pindah.

Apa yang lebih ditawarkan adalah pelamar juga mendapatkan visa kerja satu tahun sehingga mereka mendapatkan ruang untuk mengembangkan bisnis mereka dari Chili.

6. Italia

Ada beberapa daerah di Italia yang masih membutuhkan penduduk baru. Misalnya Calabria membayar hingga 28.000 Euro atau sekitar Rp460 juta untuk orang yang mau pindah ke sana. Lalu ada Petralia Soprana yang hanya punya sekitar 2.0000-an penduduk dan lebih dari 50 rumah kosong yang bisa diisi oleh penduduk baru. Mereka menawarkan intensif tunai hingga 5.000 Euro atau Rp 82 juta.

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga