Pemda Kolaka Timur Salurkan Cadangan Pangan Pemerintah ke Ribuan KPM

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Senin, 01 Mei 2023
0 dilihat
Pemda Kolaka Timur Salurkan Cadangan Pangan Pemerintah ke Ribuan KPM
Pemkab Kolaka Timur salurkan bantuan cadangan pangan berupa beras kepada ribuan KPM. Foto: Ist.

" Ribuan keluarga penerima manfaat (KPM) yang terletak di Kecamatan Uluiwoi dan Ueesi, menerima bantuan cadangan pangan pemerintah berupa beras "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Ribuan keluarga penerima manfaat (KPM) yang terletak di Kecamatan Uluiwoi dan Ueesi, menerima bantuan cadangan pangan pemerintah berupa beras.

Penyaluran cadangan pangan pemerintah adalah bantuan pangan yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia dalam rangka antisipasi, mitigasi dan penanggulangan kekurangan pangan.

Camat Uluiwoi, Jafar Arifin menyampaikan, jumlah penerima bantuan di wilayahnya sebanyak 719 KPM yang akan menerima bantuan berupa beras.

Baca Juga: Pasca Libur Lebaran Pemda Kolaka Timur Gelar Apel Gabungan

"Sementara untuk wilayah Ueesi ada 585 KPM yang menerima bantuan juga," ujarnya, Senin (1/5/2023).

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kolaka Timur, Idarwaty mengatakan, penyaluran itu untuk mencegah terjadinya krisis pangan dan gizi, pengendalian inflasi.

"Serta melindungi produsen dan konsumen dari dampak fluktuasi harga," tambahnya.

Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis menyampaikan, total KPM penerima bantuan itu sebanyak 13.000 atau 130 ton beras.

Azis juga menyampaikan pemerintah setempat dalam hal ini kepala desa dan lurah, harus mendata kembali keluarga yang sangat layak menerima bantuan yang sampai saat ini belum terdata.

"Program pemerintah di daerah kita kayak ini, seperti hujan dulu yang rintik-rintik tapi bisa membasahi bumi, artinya pembangunan dan bantuan itu, sedikit demi sedikit tapi jumlahnya akan menjadi banyak," ujarnya.

Azis menekankan agar pemerintah setempat dapat terus mengupdate dan memverifikasi terus penerima bantuan, agar penerima benar-benar tepat sasaran.

Baca Juga: Pemda Kolaka Timur Tindak Lanjuti Kasus Pemukulan Kadis oleh Kabidnya

Azis menjelaskan, jika bantuan penyaluran cadangan pangan itu merupakan kerjasama seluruh pihak di daerah Kolaka Timur.

"Yang perlu kita tanamkan adalah persamaan dan persatuan, mudah-mudahan apa yang menjadi aspirasi kita, bisa diwujudkan dalam membangun Kabupaten Kolaka Timur yang kita cintai," pungkasnya.

Penyaluran bantuan cadangan pangan itu diserahkan langsung oleh Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis sejak Minggu (30/4/2023) kemarin. Penyaluran untuk Kecamatan Uluiwoi, berlangsung di Rujab Camat Uluiwoi di Kelurahan Sanggona. Sedangkan di Kecamatan Ueesi, berlangsung di Tribun kecamatan yang terletak di Desa Ueesi. (A-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga