Pemkot Kendari Gerak Cepat Menata Kota Usai Insiden Pohon Tumbang

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Jumat, 21 Juni 2024
0 dilihat
Pemkot Kendari Gerak Cepat Menata Kota Usai Insiden Pohon Tumbang
Insiden pohon tumbang yang merusak teras rumah warga dan menghancurkan satu unit mobil di Kelurahan Watu-Watu. Foto: Ist.

" Pemerintah Kota Kendari merespons cepat insiden pohon tumbang yang menimpa rumah warga di Kelurahan Watu-Watu, Kecamatan Kendari Barat, Kamis (16/5/2024) "

KENDARI, TELISIK.ID - Pemerintah Kota Kendari merespons cepat insiden pohon tumbang yang menimpa rumah warga di Kelurahan Watu-Watu, Kecamatan Kendari Barat, Kamis (16/5/2024).

Kejadian ini dilaporkan terjadi pada malam hari, saat angin kencang melanda wilayah Kelurahan Watu-Watu. Pohon besar yang tumbang ini tidak hanya merusak teras rumah warga, tetapi juga menghancurkan satu unit mobil yang terparkir di depannya. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Proses evakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah warga di Kelurahan Watu-Watu. Foto: Ist.

 

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Kota Kendari, Muh. Sadrin Tahir, menyatakan bahwa pihaknya bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari telah melakukan penanganan secepat mungkin.

“Hari ini kami sudah melakukan penanganan pohon tumbang yang menimpa rumah warga, baik yang mengenai teras rumah maupun kendaraan roda empat sehingga mengakibatkan kerusakan. Mudah-mudahan hari ini juga kami selesaikan secepatnya,” ungkapnya.

Baca Juga: Pengembalian Fungsi Ruang jadi Fokus Penataan Wajah Kota Kendari

Menanggapi kejadian ini, BPBD Kota Kendari tidak hanya melakukan penanganan darurat, tetapi juga memberikan bantuan sementara kepada warga yang terdampak.

Evakuasi pohon tumbang menggunakan alat berat serta tenaga manual dari petugas yang berpengalaman. Foto: Ist.

 

Bantuan berupa terpal diberikan untuk menutup sementara bagian rumah yang rusak akibat tertimpa pohon. Langkah ini diambil agar warga dapat tetap tinggal di rumah mereka sambil menunggu perbaikan lebih lanjut.

Baca Juga: Kota Kendari Akan Ditata Mirip Malioboro Jogjakarta

Dalam penanganan pohon tumbang ini, tim BPBD dan DLHK bekerja bahu-membahu untuk membersihkan puing-puing dan memotong bagian pohon yang masih berbahaya. Proses ini menggunakan alat berat serta tenaga manual dari petugas yang berpengalaman.

Tim BPBD dan DLHK bekerja bahu-membahu untuk membersihkan puing-puing dan memotong bagian pohon yang tumbang. Foto: Ist.

 

Insiden pohon tumbang di Kelurahan Watu-Watu ini menjadi pengingat bagi semua pihak akan pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

Kerja cepat dan koordinasi yang baik antara BPBD dan DLHK Kota Kendari menunjukkan bahwa dengan sinergi yang kuat, setiap masalah dapat ditangani dengan efektif. (C-Adv)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga