Profil Ghanim Al Muftah, Sang Duta Piala Dunia 2022 yang Menginspirasi

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 06 Desember 2022
0 dilihat
Profil Ghanim Al Muftah, Sang Duta Piala Dunia 2022 yang Menginspirasi
Ghanim Al Muftah merupakan sosok inspiratif. Dia didapuk menjadi Duta Piala Dunia 2022 Qatar. Foto: Repro FIFA

" Salah satu yang unik dari perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar adalah saat pembukaannya. Saat itu, ada sosok yang menginspirasi yakni Ghanim Al Muftah "

DOHA, TELISIK.ID - Salah satu yang unik dari perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar adalah saat pembukaannya. Saat itu, ada sosok yang menginspirasi yakni Ghanim Al Muftah.

Di Qatar, nama Ghanim Al Muftah sudah tidak asing lagi. Meski tubuhnya tak sempurna, dia adalah seorang motivator yang memiliki banyak pengikut di media sosial.

Ghanim Al Muftah menjadi salah satu bintang pada Minggu malam di upacara pembukaan Piala Dunia FIFA 2022 di Doha. Sosoknya mencuri perhatian pada upacara di Stadion Al Bayt berbentuk tenda bersama aktor Hollywood Morgan Freeman.

Baca Juga: Kupas Politisi: Menyelami Pemikiran dan Perjuangan Ir Hugua

Pemuda Qatar itu membacakan sebuah ayat dari Al-Quran dan membantu sang aktor menyambut dunia dalam pertunjukan bertema persatuan dan toleransi di pembukaan Piala Dunia 2022.

"Kami mengirimkan panggilan, karena semua orang dipersilakan. Ini adalah undangan ke seluruh dunia," kata Ghanim Al Muftah, dikutip dari tempo.co.

Tidak hanya didapuk sebagai pembuka dalam serangkaian acara opening Piala Dunia 2022 Qatar, ia juga dinobatkan sebagai brand ambassador untuk ajang bergengsi dunia tersebut.

Lebih menariknya lagi, dikutip dari idntimes.com, Ghanim Al Muftah meraih prestasi itu semua selama kondisi tidak normal sebagaimana manusia pada umumnya.

Dia lahir dengan sindrom langka bernama Caudal Regression Syndrome (CDS) yang membuat ia tidak memiliki tubuh bagian bawah.

Kendati demikian, sindrom ini tak lantas membuat pemuda berumur 20 tahun tersebut menyerah dan marah atas kondisinya.

Lebih mengejutkannya lagi, pemuda yang sedang fokus pada studi ilmu politik ini ternyata memiliki bisnis yang sudah masuk ke pasar luar negeri.

Selain itu, ia juga sering menerima penghargaan dari berbagai pihak dan pernah diundang menjadi pembicara dalam acara bergengsi TED.

Dikenal sebagai penyandang disabilitas, Ghanim Al Muftah tak lantas berpangku tangan dan membiarkan hal tersebut menghambat hidupnya.

Ghanim justru memiliki hobi olahraga di bidang yang cukup berat, seperti panjat tebing, skateboard, dan lain-lainnya.

Baca Juga: Mengenal Laksamana Cheng Ho, Sosok Pelaut Muslim dari China yang Mendunia

Definisi pemuda multitalenta, Ghanim Al Muftah ternyata memiliki bisnis es krim bernama Gharissa Ice Cream. Diketahui perusahaannya tersebut sudah memiliki 60 pegawai dan enam cabang yang tersebar di luar negeri dan wilayah Qatar.

Berkat sosoknya yang aktif dan inspiratif, Ghanim Al Muftah seringkali mendapat penghargaan atau menjadi brand ambassador dalam suatu acara atau perusahaan. Salah satunya adalah menjadi brand ambassador untuk Piala Dunia 2022 Qatar yang melengkapi profil dan biodata Ghanim Al Muftah.

Nah Telisikers, itulah ulasan lengkap biografi Ghanim Al Muftah yang merupakan sosok inspiratif. Dia didapuk menjadi duta Piala Dunia 2022 Qatar. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga