Puskesmas Waborobo arahkan Penumpang KM Lambelu Isolasi Diri

Ridwan Amsyah, telisik indonesia
Rabu, 08 April 2020
0 dilihat
Puskesmas Waborobo arahkan Penumpang KM Lambelu Isolasi Diri
Petugas Puskesmas Waborobo mendata salah satu warga pendatang baru. Foto: Ridwan/ Telisik

" Sesuai Arahan Pemerintah Kota Baubau, Kami mengarahkan warga yang baru tiba untuk mengisolasi diri. "

BAUBAU, TELISIK.ID - Pemerintah Kota Baubau meminta pada seluruh penumpang KM Lambelu yang tiba hari Senin (6/4/2020) untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Hal ini dilakukan setelah hasil rapid tes tiga Anak Buah Kapal (ABK) KM Lambelu dinyatakan terindikasi  positif terjangkit COVID-19. Kapal tersebut sehari sebelumnya pernah singgah di Kota Baubau dan menurunkan 700 lebih penumpang.

"Sesuai Arahan Pemerintah Kota Baubau, Kami mengarahkan warga yang baru tiba untuk mengisolasi diri," ungkap Kepala Puskesmas Kelurahan Waborobo dr Awaludin, Rabu (8/4/2020).

Baca juga: Jumlah Pasien COVID-19 Bertambah Jadi 11 Kasus

"Untuk sementara baru dua yang kami data, tetapi kami masih cari tahu lagi, kita sudah temui RT/RW  agar apabila masih ada warganya lagi yang baru datang agar koordinasi dengan kami, juga sebelum ada ini kan kami sudah menyurat kepada RT/RW untuk selalu koordinasi dengan kami apabila ada warga baru," tambahnya.

dr Awaludin juga menyebut  untuk sementara kedua orang tersebut masih dalam pantauan puskesmas.

"Karena kalau dibilang ODP belum, karena ada kategorinya, kecuali misal dia berasal dari daerah merah COVID-19, atau dia memiliki riwayat perjalanan, dan memiliki gejala yang sama seperti COVID-19," ungkapnya.

Baca juga: Jangan Panik Soal Hasil Rapid Test Positif

Lebih lanjut dr Awaludin berharap agar persoalan COVID-19 ini cepat terselesaikan.

"Harapan kita semua kan agar persoalan seperti ini diselesaikan lintas sektor, walaupun itu bukan lagi urusanya Puskesmas," tambahnya.

Sebelumnya Pemerintah Kota Baubau dalam menangani datangnya KM Lambelu sebatas mendata, scan suhu tubuh, dan melakukan penyemprotan disinfektan pada saat penumpang turun dari kapal.

 

Reporter: Ridwan Amsyah

Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga