adplus-dvertising

Rawan Muncul Pandemi saat Nataru, Dewan Warning Virus Omicron

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Senin, 29 November 2021
610 dilihat
Rawan Muncul Pandemi saat Nataru, Dewan Warning Virus Omicron
Masyarakat wajib pakai masker. Foto: Repro mediaindonesia.com

" Anggota Komisi E DPRD Jatim Zaenal Abidin mengimbau kepada masyarakat Madura untuk waspada virus Omicron pada jelang natal dan tahun baru (Nataru) akhir tahun 2021 mendatang "

SURABAYA, TELISIK.ID - Anggota Komisi E DPRD Jatim Zaenal Abidin mengimbau kepada masyarakat Madura untuk waspada virus Omicron pada jelang natal dan tahun baru (Nataru) akhir tahun 2021 mendatang.

“Belajar pengalaman munculnya varian Delta pertama kali di Madura. Oleh sebab itu, saya mengeluarkan imbauan kepada masyarakat Madura untuk waspada varian baru virus Omicron,” jelas politisi asal Partai Demokrat ini saat dikonfirmasi di Surabaya, Senin (29/11/2021).

Pria asal Sumenep ini mengatakan, munculnya virus Omicron pertama kali tercatat oleh Hong Kong, dari kasus seseorang yang bepergian dari Afrika Selatan. Karena jumlah mutasi yang luar biasa besar.


“Varian baru yang masuk dalam kategori VoC juga disebut memiliki kemampuan dalam memengaruhi efektivitas vaksin. Varian-varian virus Corona yang termasuk dalam kelompok dikategorikan sebagai variant of concern sejauh ini adalah varian Alpha, varian Beta, varian Gamma, dan varian Delta,” jelasnya.

Baca Juga: Angka COVID-19 di Manggarai Kini Nol Persen, Jubir: Ini Bukti Vaksin

Mantan birokrat ini mengatakan, WHO dalam keterangan resminya, menyebutkan bahwa varian baru B.1.1.529 Omicron ini memiliki sejumlah besar mutasi dan beberapa di antaranya mengkhawatirkan.

Varian B.1.1.529 teridentifikasi pada 10 kasus di tiga negara, yakni Afrika Selatan, Inggris dan Skotlandia.

Baca Juga: Tegas, Satgas COVID-19 Muna Suntik Penumpang di Pelabuhan yang Belum Divaksin

“Kami berharap adanya pengetatan pintu masuk seluruh akses ke Jatim. Mulai dari pelabuhan hingga bandara agar varian tersebut tidak masuk ke Jatim,” tandasnya. (C)

Reporter: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga