Rektor UHO: Calon Mahasiswa Positif COVID-19 Dipastikan Gugur

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 07 Juli 2020
0 dilihat
Rektor UHO: Calon Mahasiswa Positif COVID-19 Dipastikan Gugur
Rektor UHO, Muhammad Zamrun. Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Ada surat dari panitia pusat bahwa mahasiswa yang positif corona dia tidak boleh ikut UTBK. Jadi sudah tidak boleh ikut tes. "

KENDARI, TELISIK.ID - Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Muhammad Zamrun, menegaskan calon mahasiswa baru yang terkonfirmasi positif COVID-19 dipastikan akan gugur.

Hal tersebut, kata dia, sudah ditetapkan berdasarkan surat dari panitia seleksi perguruan tinggi di pusat yang menyatakan, calon mahasiswa yang positif COVID-19 secara otomatis tidak boleh ikut ujian tertulis berbasis komputer (UTBK) seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN).

"Ada surat dari panitia pusat bahwa mahasiswa yang positif corona dia tidak boleh ikut UTBK. Jadi sudah tidak boleh ikut tes," katanya, Senin (7/7/2020).

Baca juga: Rektor UHO Akui Tahun Ini Tantangan Paling Berat Penerimaan Maba

Sementara itu terangnya, calon mahasiswa yang suhu tubuhnya di atas 38 derajat diminta untuk pulang dulu dan melakukan isolasi mandiri. Setelah suhu badan normal, baru calon mahasiswa bersangkutan melapor ke panitia UTBK untuk mengikuti ujian susulan.

"Sejak dibuka rapid test pada Sabtu lalu, ada tiga calon mahasiswa yang reaktif, setelah itu kita serahkan kepada Gugus Tugas COVID-19 yang bertugas. Rapid test ini kita hanya mendata saja, selanjutnya diserahkan ke Gugus Tugas," lanjutnya.

Lanjut dia, penerimaan mahasiswa baru tahun 2020 ini memang berbeda dengan tahun sebelumnya, mengingat  adanya pandemi COVID -19. Sehingga, ini menjadi tantangan tersendiri bagi perguruan tinggi dalam melaksanakan kegiatan akademik maupun non akademik di lingkup kampus.

"Kalau tahun-tahun sebelumnya UTBK ini hanya tiga hari saja, tapi tahun ini diperpanjang menjadi enam hari," tandasnya.

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Baca Juga