Ribuan Personel dari Tujuh Satgas Amankan Debat Perdana Capres-Cawapres Pemilu 2024 di KPU

Mustaqim, telisik indonesia
Selasa, 12 Desember 2023
0 dilihat
Ribuan Personel dari Tujuh Satgas Amankan Debat Perdana Capres-Cawapres Pemilu 2024 di KPU
Kendaraan taktis milik kepolisian disiagakan di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, untuk mengamankan jalannya Debat perdana capres di kantor KPU RI, Selasa (12/12/2023). Foto: Mustaqim/Telisik

" Debat putaran pertama calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres), dimulai Selasa (12/12/2023) malam pukul 19:00 WIB di halaman depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI "

JAKARTA, TELISIK.ID - Debat putaran pertama calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres), dimulai Selasa (12/12/2023) malam pukul 19:00 WIB di halaman depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Ribuan personel keamanan dilibatkan untuk mengamankan sekitar lokasi debat.

Personel keamanan berasal dari kepolisian dan TNI yakni dari Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya. Mereka terdiri dari 2.120 personel yang bertugas dengan pengamanan tertutup dan terbuka.

“Kami menggelar pengamanan dari bundaran HI (Hotel Indonesia/Kempinski, red) kemudian ruas Jalan Imam Bonjol sampai Taman Suropati,” ungkap Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro, kepada wartawan, Selasa (12/12/2023).

Baca Juga: Infografis: Rundown Debat Capres Cawapres 2024

Model pengamanan yang diterapkan, menurut Susatyo, didasarkan dari hasil evaluasi kegiatan tahapan pemilu sebelumnya, mulai dari pendaftaran pasangan calon, pengundian nomor urut, dan deklarasi pemilu damai.

Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, pihaknya memprioritaskan tiga pasangan calon presiden-wakil presiden yang lebih dulu bisa masuk ke gedung KPU serta undangan VVIP yang telah disepakati oleh KPU.

Personel keamanan juga akan memisahkan massa pendukung dari undangan maupun non undangan.

“Sehingga kami mengatur pengalihan arus lalin (lalu lintas), yang pertama arus dari bundaran HI itu akan kami alihkan dari Jalan Agus Salim ataupun Jalan Pemekasan. Sementara arus lalin dari arus Jalan Diponegoro, itu akan kami alihkan ke Jalan Cokroaminoto ataupun ke arah Jalan Rasuna Said,” jelas Susatyo.

Ribuan personel pengamanan debat putaran pertama ini, menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo, terbagi ke dalam tujuh satuan tugas (satgas).

“Mereka adalah Satgas Preemtif, Preventif, kemudian Satgas Kamsotib Jalantas dan juga adanya Satgas Tindak dan Satgas Gakkum serta Satgas Humas,” ujar Trunoyudo.

Masyarakat diimbau memaklumi pengamanan dan pengalihan arus lalu lintas di sekitar Jalan Imam Bonjol menjelang hingga akhir debat putaran pertama capres-cawapres.

Komisioner KPU RI, August Mellaz, sebelumnya mengatakan, keamanan hingga teknis di lapangan jelang debat perdana capres-cawapres sudah dikoordinasikan oleh biro internal KPU dengan kepolisian dan Kodam Jaya.

Baca Juga: Rundown Debat Capres Cawapres 2024, Siap Dicecar 11 Panelis

“Kalau keamanan normalnya kita bikin kegiatan, kan jauh-jauh hari ada pemberitahuan ada kegiatan debat di kantor KPU. Tapi kan ini teknis atur keamanan, termasuk kalau jalan depan Imam Bonjol ditutup. Ke sana sih, kalau saya, kami Komisioner, nggak sampai ikut bicara teknisnya. Itu biro,” ujar August kepada wartawan.

Terkait pengosongan Jalan Imam Bonjol yang merupakan lokasi kantor KPU RI, August mengatakan agar debat dapat berjalan lebih fokus. Sterilisasi jalan juga dilakukan agar mempermudah tamu undangan saat memasuki arena debat.

“Kalau debat ini kan kita butuh secure (aman) itu bukan dalam arti sekadar keamanan ya. Kalau keamanan satu hal, tapi yang jelas secure itu dalam artian biar diskusinya, debatnya, bisa fokus sebenarnya, makanya akan dibikin tertutup,” beber August. (A)

Reporter: Mustaqim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga