Salurkan BST untuk 1.192 KPM, Kendari Tempati Urutan Pertama se-Sultra

Musdar, telisik indonesia
Rabu, 28 Juli 2021
0 dilihat
Salurkan BST untuk 1.192 KPM, Kendari Tempati Urutan Pertama se-Sultra
Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (kanan). saat menyalurkan dana BST. Foto: Musdar/Telisik

" Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menempati posisi teratas yang merealisasikan penyaluran dana Bantuan Sosial Tunai tahap 14 dan 15 tahun 2021. "

KENDARI, TELISIK.ID - Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menempati posisi teratas yang merealisasikan penyaluran dana Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap 14 dan 15 tahun 2021.

Berdasarkan data Kantor Cabang Utama PT Pos Indonesia Kendari per 27 Juli 2021, Kota Kendari sudah menyalurkan BST kepada 1.192 atau 8,56?ri total 13.932 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Sementara untuk daerah lainnya di Sultra yang juga menyalurkan BST masih di bawah angka 2%.

Misalnya Kabupaten Kolaka baru 1,92%, Konawe 0,67%, Konawe Selatan 0,34 persen, Muna 0,12 persen, sementara beberapa lainnya masih 0%.

 

Kepala Dinas Sosial Kota Kendari, Abdul Rauf. Foto: Musdar/Telisik

 

Kepala Dinas Sosial Kota Kendari, Abdul Rauf mengatakan, memang sejak Wali Kota melaunching penyaluran BST Selasa (27/7/2021) kemarin, Kota Kendari telah merealisasikan BST ke 1.192 dari 13.932 KPM.

Dengan begitu masih ada 12.740 KPM yang masih tersisa dan sementara proses penyaluran di Kantor Cabang Utama PT Pos Indonesia Kendari.

Baca juga: Kembang Kempis Pedagang di Kota Kendari Bertahan Hidup di Tengah Pandemi

Baca juga: DLHK Kendari Segera Tanami Pohon Median Jalan Abeli Dalam

"Sekarang ini Kota Kendari berada pada ranking pertama yang menyalurkan dana BST kepada masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang begitu ketat," kata Abdul Rauf, Rabu (28/7/2021).

Mantan Kabag Kesra Kota Kendari ini optimistis, Kota Kendari akan terus menempati urutan pertama sampai BST selesai disalurkan.

Hal itu dapat terwujud, lanjut Abdul Rauf, dengan kerjasama Pemerintah Kota Kendari, Kantor Cabang Utama PT Pos Indonesia Kendari, kepolisian dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Wali kota juga memerintahkan kepada camat, lurah dan Puskesos untuk menyampaikan ke RT/RW, bahwa warganya yang mendapatkan BST agar segera ke Kantor Pos sesuai dengan jadwal," jelasnya.

"Dan ini akan berlangsung cepat karena semua stakeholder kita, kita berdayakan untuk menyampaikan ke KPM agar cepat mengambil dana BST yang disiapkan," pungkasnya.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir sebelumnya mengatakan bahwa pencairan dana BST sebesar Rp 600 ribu akan tuntas dalam waktu 9 hari atau pada 4 Agustus mendatang.

“Penyalurannya akan berlangsung 9 hari, karena kita juga tidak ingin terjadi penumpukan, terjadi kerumunan supaya berjalan dengan rapi,” kata Sulkarnain. (B-Adv)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga