Sederet Negara Tertua di Dunia, Nomor 7 Pernah Jajah Indonesia

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 19 September 2022
0 dilihat
Sederet Negara Tertua di Dunia, Nomor 7 Pernah Jajah Indonesia
Peradaban Mesir Kuno adalah sebuah peradaban besar yang terletak di wilayah Mesir sekarang, terutama di sepanjang Lembah Sungai Nil. Foto: Repro kelaspintar.id

" tak sedikit negara terbentuk dari sebuah kerajaan atau kekaisaran, kemudian seiring berkembangnya zaman menjadi suatu negara berdaulat. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sejumlah negara di dunia lahir dengan sejarahnya masing-masing, tak sedikit negara terbentuk dari sebuah kerajaan atau kekaisaran, kemudian seiring berkembangnya zaman menjadi suatu negara berdaulat.

Berikut ini beberapa negara tertua di dunia, seperti dilansir dari mediaindonesia.com dan beautynesia.id, antara lain:

1. Mesir

Banyak tulisan dan film yang mengisahkan tentang Mesir dan peradaban kunonya. Mengutip TheCoolist, peradaban Mesir Kuno telah meninggalkan jejaknya lewat hieroglif, sistem penulisan tertua di dunia berasal dari masa 3200 SM, sekitar lebih dari 5 ribu tahun yang lalu.

Pada abad ke-31 SM, Raja Mesir Kuno bernama Raja Narmer berhasil menyatukan seluruh wilayah Mesir Hulu dan Hilir di sepanjang sungai Nil. Dinasti pertama ini pun menjadi periode awal dari serangkaian dinasti yang akan memerintah Mesir selama tiga milenium berikutnya, sampai ditaklukkan oleh Alexander Agung pada 332 SM.

Negara Mesir modern akhirnya didirikan pada tahun 1953 setelah adanya Revolusi Mesir tahun 1952, sekaligus menandai berakhirnya masa kerajaan di Mesir.

2. India

Negara lain yang sudah memiliki peradaban dari sebelum masehi yaitu India. Daratan India diketahui sudah berpenduduk sejak 3.300 SM. Pada masa itu dikenal dengan nama Periode Weda. India modern baru lahir pada 1947 setelah negara tersebut memperoleh kemerdekaan dari Kerajaan Inggris. 

3. Armenia

Baca Juga: Pria Ini Lahir Tanpa Kelamin, Habiskan Rp 1,2 Miliar Buat Burung Tiruan untuk Berhubungan Intim

Armenia berada di peringkat keempat sebagai negara tertua di dunia. Negara ini sudah ada sejak 2.492 SM. Negara ini memiliki nama resmi Republik Armenia merupakan negara di Asia yang memiliki sejarah yang panjang.

Data dari arkeologi menunjukkan bahwa Armenia telah dihuni sejak Zaman Perunggu atau 4.000 SM. Peristiwa pembentukan negara Armenia masih belum jelas asal-usulnya, karena bukti yang ada merujuk pada legenda Hayk yang disebut membentuk Armenia.

4. Tiongkok

Dikenal sebagai salah satu peradaban tertua di bumi. Mengutip ThoughtCo., tertulis dalam bukti sejarah Tiongkok bahwa Dinasti Shang adalah dinasti paling awal dan paling lama berkuasa di Tiongkok. Ia memerintah dari abad ke-17 hingga ke-11 SM, lebih dari 3500 tahun lalu.

Namun, di sisi lain sejarawan juga memperdebatkan keberadaan peradaban sebelumnya yaitu Dinasti Xia pada 2070 SM–1600 SM.

Negara Tiongkok modern berdiri sekitar 221 SM di bawah kekaisaran Qin Shi Huang sebagai kaisar pertama Tiongkok. Pada tahun 1912, periode dinasti Qing pun berakhir, hingga akhirnya Bapak Negara Tiongkok Modern Sun Yat-sen secara resmi membentuk Republik Rakyat Cina pada tahun 1949.

5. Ethiopia

Mengutip Oldest.org, kehidupan manusia di Ethiopia telah ada sejak jutaan tahun lalu. Fakta ini dibuktikan lewat penemuan fosil hominid Australopithecus afarensis, makhluk mirip kera yang mungkin cikal bakal manusia modern yang diperkirakan berusia sekitar 3,4 juta–2,9 juta tahun.

D?mt merupakan kerajaan pertama di Ethiopia yang eksis antara abad ke-10 dan ke-5 SM. Pasca runtuhnya kerajaan D?mt, kekuasaan Ethiopia terus diperintah oleh monarki hingga 1974.

Ethiopia adalah satu-satunya negara Afrika yang tidak pernah dijajah Eropa, tetapi diduduki oleh Italia dari tahun 1936–1941. Ethiopia juga satu-satunya anggota Afrika independen yang bergabung dengan PBB.

Baca Juga: Ternyata Segini Biaya Pemakaman Termahal di Dunia, Jangan Kaget

6. Georgia

Georgia merupakan negara di Eropa Timur. Menurut sejarah, Kerajaan Colchis dan Kerajaan Karlti/Iberia berada di negara ini. Sekitar 1.500 SM, kedua kerajaan ini berada di zaman perunggu. Kerajaan Colchis sering disebutkan dalam mitologi Yunani.

7. Yunani

Orang-orang dari daratan Asia pertama kali tiba di Jepang sekitar 13000 SM hingga 300 SM pada zaman prasejarah atau disebut periode J?mon.

Jepang sering mengutip bahwa mereka mulai menjadi sebuah negara ketika Kaisar Jimmu pertama kali mendirikan dinasti kekaisaran pada 660 SM. Tetapi, sejarawan mengklaim mereka tak dapat membuktikan apakah kaisar Kaisar Jimmu ini benar-benar nyata atau hanyalah legenda mitos Jepang. Sementara, catatan sejarah pertama Jepang baru tertulis dalam kitab Han Tiongkok pada abad pertama Masehi.

Meski begitu, Jepang tetap merayakan Hari Pendirian Nasional pada tanggal 11 Februari sebagai penghargaan atas kenaikan Kaisar Jimmu pada 660 SM. Selama sejarahnya yang panjang, Jepang modern muncul usai peristiwa Restorasi Meiji tahun 1868. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

Baca Juga