Serap Aspirasi Pedagang, Andi Sulolipu Bakal Revitalisasi Pasar Sentral Kota Kendari

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Rabu, 04 September 2024
0 dilihat
Serap Aspirasi Pedagang, Andi Sulolipu Bakal Revitalisasi Pasar Sentral Kota Kendari
Andi Sulolipu saat mengunjungi Pasar Sentral Kota Kendari, Rabu (4/9/2024). Foto: Ist

" Bakal calon (balon) Wakil Wali Kota Kendari, Andi Sulolipu, meninjau kondisi infrastruktur Pasar Sentral Kota Kendari di Kecamatan Kendari "

KENDARI, TELISIK.ID – Bakal calon (balon) Wakil Wali Kota Kendari, Andi Sulolipu, meninjau kondisi infrastruktur Pasar Sentral Kota Kendari di Kecamatan Kendari, Rabu (4/9/2024).

Kunjungan pasangan balon Wali Kota Kendari, Aksan Jaya Putra (AJP), ini dilakukan untuk mendengar langsung aspirasi dari para pedagang.

Dalam kunjungannya, Sulolipu menemukan kondisi bangunan pasar di beberapa bagiannya sudah terbengkalai dan tidak terawat. Sebagian besar los sudah kosong dikarenakan kondisinya yang sangat memprihatinkan.

Sulolipu mendapati para pedagang mengeluhkan sepi pembeli yang mengakibatkan pendapatan mereka menurun.

Baca Juga: Tokoh Masyarakat Kecamatan Kendari Anggap AJP-ASLI Layak Pimpin Kota Lulo

“Setelah kita tinjau pasar ini, kita melihat banyak sekali persoalan dan memang ini sudah persoalan yang krusial. Para pedagang mengeluhkan pembangunan infrastrukturnya di sini, banyak kebocoran, banyaknya los yang sudah ambruk plafonnya dan ini sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu,” ungkap Sulolipu usai menemui para pedagang.

Ia menilai, pasar merupakan salah satu sember pendapatan asli daerah (PAD) bagi pemerintah kota. Selain itu, pasar juga berfungsi untuk menumbuhkan kegiatan UMKM serta mendorong peningkatan pendapatan bagi masyarakat.

Untuk itu, ia menjanjikan, jika AJP – ASLI diberi amanah menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari Periode 2024-2029, salah satu program akan dilaksanakan adalah merevitalisasi pasar.

Baca Juga: Tokoh Adat dari Berbagai Suku Dukung LA-IDA di Pilgub Sultra

Revitalisasi pasar, menurut Sulolipu, bertujuan untuk meningkatkan kembali kegiatan UMKM sehingga dapat menghidupakan kembali kegiatan perekonomian masyarakat, khususnya bagi para pedagang.

“Di sini (pasar sentral kota) adalah potensi PAD. Ke depan ini harus kita berdayakan ketika Pak AJP dan saya diberikan amanah di pemerintahan,” kata Sulolipu.

Salah satu pedagang di Pasar Sentral Kota Kendari, Sardi, berharap jika AJP – ASLI terpilih menjadi pemimpin Kota Kendari, pasar yang ditempatinya bisa diperbaiki dan ditata kembali menjadi lebih baik.

“Harapan saya, jika AJP insyaAllah menang, pasar ini bisa diperbaiki agar menjadi stabil kembali dan semoga pengunjungnnya bisa lebih banyak lagi,” harapnya. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga