Tarif PCR di RS Bahteramas Kendari Sudah Turun, Ini Tarifnya

Musdar, telisik indonesia
Kamis, 19 Agustus 2021
0 dilihat
Tarif PCR di RS Bahteramas Kendari Sudah Turun, Ini Tarifnya
Tenaga kesehatan sedang melakukan pengambilan sampel pada hidung pasien untuk uji COVID-19. Foto: Repro Beritasatu

" Tarif baru PCR di Bahteramas diberlakukan sejak kemarin, Rabu 18 Agustus 2021 berdasarkan surat edaran dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI "

KENDARI, TELISIK.ID - RS Bahteramas Kota Kendari Sulawesi Tenggara telah menurunkan tarif tes polymerase chain reaction (PCR) menjadi Rp 525 ribu dari sebelumnya Rp 900 ribu.

Wadir RS Bahteramas, dr Ahmad mengatakan, tarif baru PCR di Bahteramas diberlakukan sejak kemarin, Rabu 18 Agustus 2021 berdasarkan surat edaran dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI.

"Setelah kita dapatkan surat dari Kemenkes harga tes PCR kita langsung sesuaikan menjadi Rp 525 ribu," kata dr Ahmad, Kamis (19/8/2021).

Dokter Ahmad menjelaskan, tes PCR berbayar tidak diberlakukan untuk pasien.

"Kalau pasien tidak bayar, sesuai edaran yang berbayar itu seperti pelaku perjalanan atau permintaan sendiri," jelasnya.

Baca Juga: Jalan Depan Gedung Dewan Sultra Rusak, Banyak Jebakan Batman saat Hujan

Baca Juga: 3 Bulan Tak Direspon Sang Gebetan, Pemuda Ini Nyaris Akhiri Hidup dengan Melompat dari Atas Pohon

Untuk diketahui, Kemenkes menetapkan  batasan tertinggi harga tes COVID-19 dengan metode real time (RT) PCR sebesar Rp 495 ribu di Pulau Jawa dan Bali, serta Rp 525 ribu di luar Jawa dan Bali.

Penurunan harga tes PCR ini diputuskan Kementerian Kesehatan setelah Presiden Jokowi memberi arahan untuk segera menurunkan harga tes, pada Minggu 15 Agustus 2021 lalu. Kemenkes bersama BPKP langsung melakukan evaluasi terhadap keputusan sebelumnya, yang menetapkan harga tertinggi PCR adalah Rp 900 ribu. (C)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga