Tips Parenting, Didik Anak agar Tak jadi Pelaku Bullying

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 18 Agustus 2023
0 dilihat
Tips Parenting, Didik Anak agar Tak jadi Pelaku Bullying
Perlunya pencegahan bullying, salah satunya dengan mendidik anak agar tidak menjadi pelaku. Foto: Theasianparents.id

" Belakangan ini, bullying atau perundungan kerap terjadi di kalangan anak dan remaja, baik di lingkungan bermain maupun sekolah "

KENDARI, TELISIK.ID - Belakangan ini, bullying atau perundungan kerap terjadi di kalangan anak dan remaja, baik di lingkungan bermain maupun sekolah.

Perlunya pencegahan bullying, salah satunya dengan mendidik anak agar tidak menjadi pelaku. Apalagi menjadi korban ataupun pelaku bullying bukanlah sesuatu yang diharapkan oleh siapa pun, termasuk orangtua.

Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membesarkan anak yang berempati dan baik hati seperti dikutip dari Kompas.com dan Idtheasianparent.com:

1. Kenalkan pada anak tentang perbedaan yang dimiliki tiap individu

Perlunya mengajari anak agar tidak menjadi pelaku bullying adalah dengan mengenalkan kepada mereka tentang perbedaan yang dimiliki oleh setiap orang.

Baca Juga: Tips Seks Tak Kuras Banyak Energi, Cocok Dipakai Setelah Lelah Rayakan Agustusan

2. Perkuat rasa hormat dan kebaikan

Kita mungkin pernah berbicara dengan anak kita tentang menghormati orang dewasa, tetapi pastikan mereka memahami bahwa mereka harus menghormati semua orang, termasuk anak-anak, dan harus memperlakukan mereka dengan baik.

3. Ajarkan komunikasi dengan orang lain

Perlu memberitahukan bagaimana berkomunikasi dan memerlakukan orang lain dengan tepat. Dalam hal ini, anak bisa mencontoh langsung dari orang tua dalam kehidupan sehari-hari.

Saat menyampaikan sesuatu kepada orang lain, jangan sampai orang merasa tersinggung atau sakit hati. Dalam berkomunikasi, anak juga perlu belajar menahan diri. Misalnya, tidak semua yang dikatakannya harus langsung dikatakan karena merasa bebas berpendapat, tanpa memikirkan perkataannya terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Gerakan Ampuh Kempeskan Lemak di Perut

Begitu pula dalam caranya memerlakukan orang lain. Seperti kata pepatah, perlakukan orang lain dengan seperti apa kita ingin diperlakukan. Jika anak ingin dipelakukan dengan baik, maka ia juga harus bersikap baik kepada orang-orang yang ada di sekitarnya.

4. Berlatih memberikan perhatian positif

Untuk mengajarkan pengendalian diri, memberikan banyak perhatian pada perilaku anak yang positif dapat membuat anak terhindar dari perilaku bullying. Misalnya, kita bisa mengucapkan "Terima kasih telah membantu" atau "Terima kasih telah mendengarkan." (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga