Transformasi Teluk Kendari jadi Solusi Baru untuk UMKM di Tengah Kota

Erni Yanti, telisik indonesia
Jumat, 07 Juni 2024
0 dilihat
Transformasi Teluk Kendari jadi Solusi Baru untuk UMKM di Tengah Kota
Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup bersama Sekda Kota Kendari Ridwansyah Taridala menerima audiensi dari Perumda dan Kadin Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

" Anjungan Teluk Kendari akan dijadikan sebagai area wisata yang juga dilengkapi dengan pembangunan lapak bagi UMKM eks MTQ "

KENDARI, TELISIK.ID - Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup bersama Sekda Kota Kendari Ridwansyah Taridala, menerima audiensi dari Perusahaan Daerah (Perumda) Kota Kendari dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tenggara di ruang kerja Wali Kota Kendari, Kamis (30/5/2024).

Pertemuan ini membahas inisiatif baru yang bertujuan untuk mengembangkan kawasan Anjungan Teluk Kendari sebagai pusat wisata dan ekonomi kreatif.

Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup saat menerima audiensi Dirut Perumda Kota Kendari dan Kadin Sulawesi Tenggara. Foto: Ist.

 

Direktur Utama Perumda Kota Kendari, Krisni Dinamitha menjelaskan, kerja sama ini akan difokuskan pada penataan dan pengembangan lokasi Anjungan Teluk Kendari.

Baca Juga: Stadion Lakidende Kendari Kini jadi Tempat Nongkrong Remaja, Ditemukan Kondom Bekas dan Botol Miras

"Kami berencana menjadikan Anjungan Teluk Kendari sebagai area wisata yang juga dilengkapi dengan pembangunan lapak bagi UMKM," ungkapnya.

Suasana rapat terkait Anjungan Teluk Kendari bakal dijadikan sebagai pusat wisata dan ekonomi kreatif. Foto: Ist.

 

Langkah ini dinilai sebagai solusi strategis bagi para pelaku UMKM yang terdampak oleh penggusuran di bekas lokasi MTQ.

Menurut Dirut Perumda Kota Kendari, para pedagang yang sebelumnya beroperasi di lokasi MTQ akan diberikan tempat di Anjungan Teluk Kendari, sehingga mereka dapat melanjutkan usaha mereka dengan fasilitas yang lebih baik.

"Kami akan menyiapkan sekitar 100 hingga 150 lapak UMKM semi permanen di Anjungan Teluk Kendari, pedagang tidak perlu membawa gerobak lagi karena fasilitas sudah kami siapkan. Ini akan mencakup semua pelaku UMKM baik yang berada di Kendari Beach maupun yang sebelumnya di MTQ, dan Wali Kota Kendari telah menyetujui inisiatif ini," ujarnya.

Rapat pembahasan tranformasi Anjungan Teluk Kendari diikuti beberapa instansi. Foto: Ist.

 

Transformasi Anjungan Teluk Kendari ini tidak hanya sekadar menyediakan ruang bagi UMKM, tetapi juga diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan ke kota ini.

Baca Juga: Tak Bisa Lakukan Pengisian BBM di SPBU Kendari, Pertamina Patra Niaga Alihkan Sistem Manual

Dengan suasana baru yang lebih terorganisir dan fasilitas yang memadai, Anjungan Teluk Kendari akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Selain itu, program ini juga diharapkan mampu mendongkrak perekonomian lokal melalui peningkatan aktivitas perdagangan dan kunjungan wisatawan.

Para pelaku UMKM, yang menjadi tulang punggung ekonomi kerakyatan, akan mendapatkan peluang lebih besar untuk mengembangkan usahanya dengan dukungan dari pemerintah kota. (C-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga