Tumbuhkan Karakter Pegawai Negeri Profesional, 138 CPNS Ikuti Latsar

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Selasa, 19 April 2022
0 dilihat
Tumbuhkan Karakter Pegawai Negeri Profesional, 138 CPNS Ikuti Latsar
Suasana pembukaan pelatihan dasar CPNS angkatan pertama tahun 2022. Foto: Andi Irna Fitriani/Telisik

" Pelatihan dasar tersebut akan dimulai pada 18 April hingga 22 Juni 2022, bertempat di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sultra "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebanyak 138 Calon Pegawai Negara Sipil (CPNS) Golongan III dan II, angkatan pertama tahun 2022 lingkup Pemerintah Provinsi dan kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS.

Pelatihan dasar tersebut akan dimulai pada 18 April hingga 22 Juni 2022, bertempat di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sultra.

Gubernur Sultra Ali Mazi mengatakan, penyelenggaraan pemerintahan di segala sektor membutuhkan SDM untuk menunjang jalannya kegiatan pemerintahan, pelaksanaan kebijakan atau program pembangunan dan pelayanan publik.

"Serta merespon berbagai kemudahan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin cepat berkembang," katanya usai membuka Latsar CPNS di Aula Merah Putih Rujab Gubernur, Selasa (19/4/2022).

Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai aparat pemerintah memiliki peran yg sangat menentukan dalam penyelenggaraan negara.

"Apalagi untuk negara kita yang sangat luas dan memiliki potensi serta peluang yang sangat besar termasuk Provinsi Sultra," ucapnya.

Sehingga diperlukan kemampuan yang memadai dari para penyelenggara negara, karena sejumlah keputusan strategis mulai dari perumusan kebijakan, implementasi serta pelaksanaan program dan kegiatan dalam berbagai sektor pembangunan dilaksanakan oleh PNS.

Baca Juga: Tim Pakar DPRD Sultra Studi Banding, Bahas Raperda Pelestarian dan Perlindungan Cagar Budaya

Oleh karena itu, Ali Mazi mengatakan bahwa Latsar itu merupakan media awal pembinaan untuk membentuk PNS yang berakhlak, berorientasi pelayanan, ankutabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif sebagai pelayan publik bagi masyarakat.

"Serta mampu menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," ujarnya.

Sementara itu, Ketua BPSDM Provinsi Sultra, Yuni Nurmalawati mengatakan, Latsar tersebut bertujuan untuk membentuk PNS profesional yang berkarakter melalui sikap dan perilaku bela negara, nilai-nilai dasar PNS dan pengetahuan tentang kedudukan dan peran PNS dalam NKRI.

"Serta menguasai bidang tugasnya hingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara profesional sebagai pelayan masyarakat," ungkapnya.

Adapun kurikulum dalam pelatihan tersebut akan berlangsung selama 51 hari kerja, di mana 21 hari pembelajaran klasikal dalam kelas dan 30 hari kerja pembelajaran non klasikal atau aktualisasi di tempat kerja.

Baca Juga: Hari ke-17 Ramadan, Pantauan Harga Bahan Pokok di Pasar Kota Kendari Mulai Stabil

Di mana akan terdiri dari empat agenda pembelajaran, yaitu agenda sikap dan perilaku bela negara, agenda nilai-nilai dasar PNS, agenda kedudukan dan peran PNS dalam NKRI dan agenda habituasi.

Lanjut ia menyampaikan, untuk peserta Latsar angkatan pertama ini, berasal dari CPNS golongan III Provinsi Sultra 32 orang dan golongan II Provinsi Sultra 26 orang.

"Serta CPNS golongan III yang berasal dari Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut) sebanyak 80 orang. Jadi total keseluruhan peserta sebanyak 138 orang," tutupnya. (B)

Reporter: Andi Irna Fitriani

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga