Waspada AI, Ini Skill yang Harus Dimiliki untuk Pekerjaan Masa Depan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 30 Mei 2023
0 dilihat
Waspada AI, Ini Skill yang Harus Dimiliki untuk Pekerjaan Masa Depan
Keterampilan atau skill individu menjadi hal yang penting bagi pekerja yang ingin mulai karier, namun di tengah maraknya AI, beberapa lapangan pekerjaan bakal terancam. Foto: Detik.com

" Keterampilan atau skill individu menjadi hal yang penting bagi pekerja yang ingin mulai karier, namun ditengah maraknya Artificial intelligence (AI) beberapa lapangan pekerjaan bakal terancam. Pasalnya AI kini bisa menggantikan hal tersebut "

KENDARI, TELISIK.ID - Keterampilan atau skill individu menjadi hal yang penting bagi pekerja yang ingin mulai karier, namun ditengah maraknya Artificial intelligence (AI) beberapa lapangan pekerjaan bakal terancam. Pasalnya AI kini bisa menggantikan hal tersebut.

Menutip Kompas.com, sebuah studi analisis terhadap 228 juta iklan lowongan pekerjaan baru-baru ini di Amerika Serikat, keahlian Artificial intelligence (AI)/Machine learning (ML), Cloud computing, Product management, dan Social Media menjadi empat keterampilan yang paling dibutuhkan untuk lapangan pekerjaan yang terus berevolusi.

Hal ini menghambat populasi usia kerja untuk menjadi sumber daya manusia yang produktif dengan keterampilan utama untuk berkembang di dunia kerja di masa depan.

Baca Juga: Begini Cara Mengetahui Password Wifi yang Tersimpan di Windows 11 Terbaru

"Para peneliti menemukan bahwa setidaknya salah satu kriteria keterampilan tersebut adalah syarat yang ditampilkan pada satu dari delapan iklan lowongan pekerjaan di AS,” jelas Shirley Santoso, Partner dan President dari Kearney melalui keterangannya.

Selain menyiapkan skill tersebut, keahlian lain yang perlu diperhatikan antara lain:

1. Literasi Digital

Mengutip Detik.com, literasi digital menjadi sangat penting pada era teknologi. Literasi digital maksudnya adalah pengetahuan dan kecakapan akan dunia digital.

Misalnya hal seputar teknologi dasar seperti program komunikasi, alat kolaborasi, dan perangkat lunak seperti Microsoft Office, maupun dalam hal teknologi dan perangkat lunak khusus perangkat khusus.

2. Keterampilan Penjualan dan Cara Memengaruhi Pelanggan

Dunia digital juga memengaruhi bagaimana konsep marketing mulai berubah. Salah satunya, adanya kemampuan untuk mengenalkan atau menjual produk dengan ide yang bisa relevan dengan target pelanggan.

3. Pengambilan Keputusan Berbasis Data

Perusahaan semakin banyak membuat keputusan dan membuat strategi berdasarkan data. Hal ini juga bisa diterapkan tiap individu, untuk membuat keputusan dalam pekerjaan berdasarkan data.

Saat ini, terdapat banyal alat analitik data yang lebih canggih dan lebih mudah diakses, sehingga memungkinkan hampir semua profesional memanfaatkan data untuk membuat keputusan.

Baca Juga: Spesifikasi Keren Harga Terjangkau, Beat Sporty CBS ISS 2023 Dilengkapi Fitur Canggih

4. Punya Sudut Pandang Baru

Pemikiran inovatif sangat dibutuhkan dalam dunia pekerjaan. Singkatnya, pemikiran semacam ini selalu punya sudut pandang baru sehingga bisa membantu perusahaan menjadi lebih baik.

Sudut pandang semacam ini adalah landasan untuk perubahan, kemajuan, dan cara baru untuk menghadapi tantangan lama.

5. Pola Pikir yang Selalu Ingin Belajar

Semua ilmu selalu diawali dengan rasa penasaran. Maka, setiap pekerja di masa depan sangat perlu untuk memiliki pola pikir ingin selalu belajar demi perkembangan kerjanya. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga