Waspada, Harimau Berkeliaran di Kawasan Tahura Brastagi Sumut

Ones Lawolo, telisik indonesia
Rabu, 14 Oktober 2020
0 dilihat
Waspada, Harimau Berkeliaran di Kawasan Tahura Brastagi Sumut
Seekor Harimau. Foto: lokadata.id

" Iya benar. Sekarang sudah kita pasang kamera di jejak Harimau tersebut. Untuk itu, masyarakat harus berhati-hati agar waspada berkeliaran Harimau tersebut. "

TANAH KARO, TELISIK.ID - Harimau Sumatra (Panthera Tigris Sumatrae) berkeliaran di Gunung Sibayak dan memasuki kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatra Utara.

Jejak Harimau Sumatra tersebut ditemukan seorang petugas retribusi pendakian Gunung Sibayak, Rabu (14/10/2020). Warga sekitar juga melihat binatang yang mengejar orang itu di kawasan Bukit Barisan.

Kepala UPT Pengelolaan Tahura Brastagi, Ramlan Barus, melalui stafnya bernama Ashido Mulia Munthe, ketika dikonfirmasi melalui telepon selulernya, membenarkan se ekor binatang Harimau Sumatra berkeliaran dikawasan Tahura Brastagi.

"Iya benar Pak, kemarin itu juga terlihatku saat melintas di jalan. Selain aku, warga yang berkunjung di Tahura juga melihat harimau tersebut. Mereka juga mengadu ke kami bahwa Harimau pernah dikejar mobilnya," ujarnya.

Baca juga: Konawe Tambah 30 Kasus Baru, Satu Meninggal Dunia

Ashido Mulia Munthe, juga mengaku pihaknya telah menyurati pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut untuk menangani konflik Harimau Sumatra di kawasan Tahura.

“Di hutan saja itu berkeliaran sebagai rumahnya. Kita hanya bisa menghimbau masyarakat agar berhati-hati ke kawasan Tahura supaya tidak terjadi konflik,” ujarnya.

Kepala BBKSDA Sumut, Hotmauli Sianturi, melalui humas BBKSDA Sumut, Andoko Hidayat, membenarkan telah menerima informasi terkait dengan penampakan harimau sumatra di kawasan Tahura.

"Iya benar. Sekarang sudah kita pasang kamera di jejak Harimau tersebut. Untuk itu, masyarakat harus berhati-hati agar waspada berkeliaran Harimau tersebut," pungkasnya. (B)

Reporter: Ones Lawolo

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga