Yuk, Lakukan Tips Ini Agar Produktif Kerja Saat Puasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 13 April 2022
0 dilihat
Yuk, Lakukan Tips Ini Agar Produktif Kerja Saat Puasa
Ilustrasi produktif bekerja. Foto: Repro uzone.id

" Upayakan selalu menyantap hidangan sahur, dan pilihlah makanan yang ideal dan baik untuk tubuh, agar sepanjang hari saat menjalankan ibadah puasa, Anda bisa tetap segar dan bersemangat "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu manfaat berpuasa jika diterapkan dengan benar, akan memiliki efek samping yang positif untuk tubuh. Mulai dari lebih jernih dalam berpikir, hingga memperlancar pencernaan.

Makanya bulan Ramadan harusnya juga bisa membuat kita lebih produktif. Dengan begitu, aktivitas sehari-hari lebih maksimal.

Mengutip katadata.co.id, produktif adalah cara mendapatkan hasil yang diinginkan dengan menggunakan sedikit waktu dan usaha.

Saat kita mencoba produktif, artinya kita sedang berusaha untuk mencapai tujuan. Seringkali seseorang yang produktif dianggap sebagai orang yang sibuk.

Melansir Suara.com - jaringan Telisik.id, berikut ini beberapa tips agar bisa tatap produktif meski sedang berpuasa:

1. Jangan ketinggalan sahur

Tentunya akan menjadi kendala dan merusak mood kerja Anda jika Anda melewatkan sarapan pagi sebelum beraktivitas, demikian juga dengan sahur, fungsi dari sahur selain baik untuk ibadah juga bertujuan untuk energi tambahan selama menjalankan ibadah puasa.

Untuk itu upayakan selalu menyantap hidangan sahur, dan pilihlah makanan yang ideal dan baik untuk tubuh, agar sepanjang hari saat menjalankan ibadah puasa, Anda bisa tetap segar dan bersemangat.

2. Pilihan makanan yang tepat saat sahur dan berbuka

Saat bulan puasa biasanya kebanyakan dari umat muslim tidak bijaksana memilih makanan yang disantap saat sahur dan berbuka, yang perlu diketahui pemilihan makanan saat sahur dan berbuka bisa mempengaruhi keseluruhan stamina tubuh sepanjang hari saat menjalankan ibadah.

Baca Juga: Yuk, Simak 5 Tips Memilih Kurma Bagus dan Manis

Untuk itu menjadi penting bagi Anda untuk selalu mengontrol dan memilih jenis makanan yang tepat untuk Anda konsumsi selama bulan puasa.

3. Minum air putih

Saat waktu sahur dan berbuka banyak-banyaklah minum air putih, hal ini penting agar sepanjang hari saat Anda berpuasa bisa terhindar dari dehidrasi dan rasa haus yang akut.

Hindari juga mengkonsumsi gorengan saat berbuka agar mengurangi risiko dehidrasi saat berpuasa.

4. Sesuaikan waktu fitness

Jika selama ini Anda cukup rajin menghabiskan waktu luang usai jam kerja atau sebelum jam kerja berolahraga di fitness center, upayakan untuk terus melakukan kegiatan tersebut, namun sesuaikan waktu dan lamanya berlatih.

Baca Juga: Pasangan Malas Berhubungan Intim? Ini Penyebab dan Cara Atasinya

Jika hari-hari biasa Anda kerap berolahraga 30 hingga 45 menit, coba sesuaikan hanya 20-25 menit saja selama bulan puasa. Dengan demikian tubuh Anda tidak menjadi lemas dan terus bisa melanjutkan aktivitas sambil berpuasa.

5. Cari kesibukan

Cara yang ampuh untuk menghabiskan rutinitas dengan produktif dan melupakan bahwa faktanya Anda sedang berpuasa adalah dengan mencari kesibukan sebanyak mungkin. Upayakan untuk tetap sibuk dan menyelesaikan semua pekerjaan, dengan demikian Anda pun akan sedikit lupa bahwa Anda sedang berpuasa hingga waktu berbuka tiba. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga