Akibat COVID-19, Pelayanan Puskesmas Kabaena Ditutup

Hir Abrianto

Reporter Bombana

Jumat, 02 Oktober 2020  /  2:51 pm

Dokter Sunandar, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana. Foto: Hir/Telisik

BOMBANA, TELISIK.ID - Akibat penularan wabah corona yang menyerang tenaga medis, Puskesmas Kabaena, Kabupaten Bombana, ditutup. Sementara pelayanan kesehatan dialihkan di dua Puskesmas terdekat, yakni Puskesmas Kabaena Barat dan Kabaena Selatan.

Saat dikonfirmasi, Kepala Puskesmas Kabaena, Jumaani, enggan berkomentar tentang hal tersebut dengan alasan kondisinya sedang sakit dan tidak berada di tempat.

"Maaf saya tidak bisa bicara soal itu, karena kondisi saya lagi sakit dan sekarang saya di Baubau. Coba hubungi yang lain dulu," kata Jumaani, Jumat (2/10/2020).

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana, dr. Sunandar membenarkan penutupan Puskesmas Kabaena dan pengalihan layanan kesehatan yang akan berlangsung selama dua minggu mendatang.

Baca juga: Anggota DPRD Sumut Minta Pilkada Ditunda di Daerah Zona Merah

"Betul dinda, karena kalian beritakan kemarin, jadi pelayanan disana ditutup terhitung mulai tanggal 1 hingga 14 Oktober," jelas Dokter Sunandar kepada Telisik.id.

Untuk memastikan penyebaran corona ini, lanjut Sunandar, Selasa (6/10/2020) mendatang akan dilaksanakan swab secara massal yang akan diikuti oleh sekitar 300 orang termasuk beberapa staf Puskesmas Kabaena yang direkomendasikan untuk di-swab.

"Tanggal 6 Oktober nanti kami adakan swab massal di RTH Bombana, jumlahnya sekitar tiga ratusan yang bakal di-swab," pungkasnya.

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali