Deretan Negara dengan Cadangan Militer Paling Banyak 2024

Ahmad Jaelani

Reporter

Senin, 16 September 2024  /  3:11 pm

Pasukan cadangan dapat diaktifkan dalam waktu singkat jika terjadi ancaman besar terhadap keamanan nasional. Foto: Repro Pixabay

JAKARTA, TELISIK.ID - Dalam istilah militer, reserve military personnel atau pasukan cadangan merupakan tentara paruh waktu yang anggotanya terdiri dari warga sipil.

Artinya, mereka tetap menjadi warga sipil dan baru bertugas sebagai tentara ketika dibutuhkan atau mendapat panggilan negara. Pasukan militer cadangan ini berbeda dengan pasukan militer tetap.

Sebab, pasukan militer tetap bekerja secara penuh waktu. Status mereka pun bukan lagi sebagai warga sipil, melainkan sudah menjadi anggota militer sepenuhnya.

Namun, meski keduanya berbeda, baik pasukan militer cadangan maupun pasukan militer tetap mendapat pelatihan militer yang cukup. Keduanya harus siap jika negara memanggil untuk bertugas, sesuai dengan kebutuhan pertahanan negara.

Di beberapa negara, keberadaan pasukan cadangan menjadi sangat penting, terutama saat menghadapi situasi darurat. Negara-negara ini seringkali menempatkan warga sipil dalam pelatihan militer rutin sebagai bagian dari strategi pertahanan mereka.

Berbicara pasukan militer cadangan, ada tujuh negara yang memiliki pasukan militer cadangan terbanyak di dunia.

Telisikers, menurut Global Fire Power (GFP), berikut adalah daftar tujuh negara tersebut berdasarkan jumlah pasukan cadangannya:

1. India

Mengutip CNN Indonesia, Senin (16/9/2024), India menempati peringkat ke-7 dalam daftar negara dengan pasukan militer cadangan terbanyak di dunia. Berdasarkan data dari GFP, India memiliki sekitar 1.115.000 pasukan militer cadangan pada tahun 2024.

Baca Juga: Donald Trump Kembali Menjadi Target Pembunuhan Pakai Senapan AK-47, Ini Sosok Pelakunya

Negara ini juga tercatat sebagai salah satu negara dengan militer terkuat, menempati posisi ke-5 dari 145 negara di dunia. Dengan skor indeks kekuatan militer 0,1023, India tetap menjadi salah satu kekuatan militer terbesar di kawasan Asia.

2. Ukraina

Ukraina menduduki peringkat ke-6 sebagai negara dengan pasukan militer cadangan terbanyak. Menurut data GFP, Ukraina memiliki 1,2 juta personel militer cadangan. Meskipun sedang berkonflik dengan Rusia, Ukraina tetap mempertahankan pasukan cadangan yang signifikan.

Pada tahun 2024, negara ini berada di peringkat ke-18 dalam hal kekuatan militer global dengan skor 0,2598, menjadikannya negara yang cukup kuat di Eropa Timur.

3. Filipina

Filipina, negara di Asia Tenggara, menduduki peringkat ke-5 dalam daftar ini, dengan jumlah pasukan militer cadangan mencapai 1.200.000 personel.

Selain memiliki jumlah pasukan cadangan yang besar, Filipina berada di posisi ke-34 dalam peringkat kekuatan militer global tahun 2024.

Dengan skor indeks kekuatan militer 0,4691, Filipina menjadi salah satu kekuatan militer utama di kawasan Asia Tenggara.

4. Rusia

Rusia adalah negara dengan jumlah pasukan militer cadangan terbanyak ke-4 di dunia, dengan 2 juta personel cadangan. Negara ini terus mempertahankan posisinya sebagai salah satu kekuatan militer terbesar, menempati peringkat ke-2 dalam kekuatan militer global pada tahun 2024.

Dengan skor indeks kekuatan militer 0,0702, Rusia masih menjadi salah satu kekuatan paling dominan di dunia.

5. Taiwan

Taiwan berada di peringkat ke-3 sebagai negara dengan jumlah pasukan militer cadangan terbanyak di dunia, memiliki sekitar 2.310.000 personel. Taiwan, meskipun merupakan negara dengan pengakuan terbatas, terus meningkatkan kapasitas militernya.

Pada tahun 2024, Taiwan berada di peringkat ke-24 dalam daftar negara dengan kekuatan militer terkuat, dengan skor indeks 0,3302.

6. Korea Selatan

Korea Selatan menempati peringkat ke-2 dalam hal jumlah pasukan militer cadangan, dengan 3,1 juta personel. Negara ini juga merupakan salah satu kekuatan militer utama di dunia, menduduki posisi ke-6 pada tahun 2024.

Baca Juga: Mengenal Topan Super Yagi Hantam Hanoi, Tewaskan 262 Orang

Dengan skor indeks kekuatan militer 0,1416, Korea Selatan mempertahankan statusnya sebagai salah satu negara dengan militer paling kuat di kawasan Asia Timur.

7. Vietnam

Negara dengan jumlah pasukan militer cadangan terbanyak di dunia adalah Vietnam, dengan 5 juta personel. Selain memiliki pasukan cadangan yang besar, Vietnam juga menempati peringkat ke-22 dalam kekuatan militer global tahun 2024.

Skor indeks kekuatan militernya adalah 0,3518, menjadikan Vietnam sebagai kekuatan militer utama di kawasan Asia Tenggara, kedua setelah Indonesia.

Sebagai informasi tambahan, selain tujuh negara di atas, Indonesia juga memiliki pasukan militer cadangan yang cukup signifikan. Dengan jumlah 400 ribu personel cadangan, Indonesia menempati peringkat ke-17 dalam hal pasukan cadangan terbesar di dunia.

Pada tahun 2024, Indonesia juga menduduki peringkat ke-13 sebagai negara dengan kekuatan militer terkuat di dunia dan menjadi negara dengan militer terkuat di Asia Tenggara. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS