Amerika Tantang Rudal Maut China

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 12 November 2021
0 dilihat
Amerika Tantang Rudal Maut China
Amerika tantang rudal maut China. Foto: Repro Wikimedia

" Kemampuan rudal maut China mulai diuji Amerika Serikat. Paman Sam sudah berani terang-terangan tantang China tembus iron dome Israel "

WASHINGTON, TELISIK.ID - Kemampuan rudal maut China mulai diuji Amerika Serikat. Paman Sam sudah berani terang-terangan tantang China tembus iron dome Israel.

Iron Dome sendiri memang dikembangkan Israel pertama kali namun secara signifikan di-upgrade dengan bantuan dana dari AS.

Di konflik Israel-Palestina, Iron Dome telah menghalau ribuan proyektil dalam 10 tahun terakhir, sejak pertama kali dikerahkan di 2011.

AS sebelumnya membeli baterai untuk sistem Iron Dome dari Israel seharga US$ 373 juta pada 2019. Pengiriman pertama dilakukan di akhir 2020 dan yang kedua di Januari 2021.

Dilansir dari Wartaekonomi, sistem pertahanan Iron Dome itu diklaim sebagai yang terkuat di dunia. Uji cobanya bahkan sudah dilakukan Amerika di Pulau Guam.

Saat uji coba, Amerika terlihat yakin dengan kemampuan iron dome Israel.

Nyaris tak ada yang bisa membuat Amerika galau. Apalagi, sistem pertahanan ini terbukti paten menahan gempuran roket Hamas saat pertempuran di Jalur Gaza, Mei 2021.

Baca Juga: Sudah Sebulan Kim Jong Un Hilang, Absen Terlama dalam 7 Tahun, Kemana Perginya?

Di Guam, cerita ketangguhan iron dome Israel kembali berulang. Beragam rudal canggih yang dilesakkan langsung dibuat ambyar.

Times of Israel sampai berani menulis sistem pertahanan iron dome mampu melawan ancaman rudal hipersonik China.

"Tes adalah bagian dari pembangunan militer AS di kawasan Asia Pasifik yang bertujuan melawan Beijing," tulis laporan itu dikutip Rabu (10/11/2021).

Guam sendiri berada 1.800 mil dari China. Sekitar 190 ribu warga dan personil AS berada di kepulauan itu, termasuk pangkalan militer AS terdekat dengan negeri Xi Jinping.

"China baru-baru ini menguji rudal dengan hulu ledak hipersonik, dan memiliki pembom dengan rudal jelajah sea-skimming, yang keduanya merupakan ancaman bagi Guam," tulis laporan itu lagi.

Baca Juga: Makin Panas, China Tembak Kapal Perang Amerika

Uji coba akan berlangsung hingga Desember 2021. Penempatan Iron Dome di Guam diumumkan bulan lalu oleh Komando Pertahanan Udara dan Rudal Angkatan Darat ke-94 AS. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga