Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026: China Bantai Indonesia 2-1

Merdiyanto

Content Creator

Selasa, 15 Oktober 2024  /  10:19 pm

China bantai Timnas Indonesia 2-1 dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Foto: Repro Reuters

BEIJING, TELISIK.ID - Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan tuan rumah China setelah dibantai 2-1 dalam matchday keempat lanjutan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Pertandingan antara Indonesia vs China akan dihelat di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10/2024), dengan waktu kick-off pukul 19.00 WIB.

Gol China tercipta melalui Behram Abduweli (21') dan Zhang Yuning (44'). Sedangkan Timnas Indonesia hanya bisa membalas satu melalui Thom Haye (86'). Berawal dari tembakan bebas yang membentur pemain China membingungkan kiper lawan dan berujung gol.

Jalannya pertandingan

Di bawah tekanan pendukung China, Timnas Indonesia langsung inisiatif melakukan tekanan pada awal menit laga.

Pada menit ke-11, Ragnar Oratmangoen hampir membawa Indonesia unggul setelah melewati dua pemain belakang China dan melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti.

Upaya China untuk mencetak gol pada menit ke-16 melalui tendangan bebas dan sepak pojok dapat digagalkan oleh pertahanan solid Timnas Indonesia yang dikawal Maarten Paes.

Baca Juga: AFC Tolak Surat Protes PSSI, Manajer Timnas Indonesia: Aneh

China berhasil unggul 1-0 pada menit ke-21 setelah Behram Abduweli sukses mengkonversi umpan yang didapat dari kesalahan antisipasi Shayne Pattynama dalam membaca pergerakan lawan.

China kembali mengancam gawang Indonesia pada menit ke-26. Namun, tendangan keras Xie Wenneng dari luar kotak penalti masih bisa diantisipasi oleh Maarten Paes.

Pada menit ke-35, Indonesia mendapatkan peluang emas. Namun, tembakan jarak jauh Ivar Jenner masih terlalu lemah untuk mengalahkan kiper China, Wang Dalei.

Menit ke-39, Calvin Verdonk mengancam gawang China dengan tembakan kaki kiri. Namun, kiper China, Wang Dalei, dengan sigap menepis bola tersebut.

Indonesia kembali kebobolan pada menit ke-44. Kali ini, Zhang Yuning yang tidak terkawal berhasil melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang gagal diantisipasi Maarten Paes.

Menjelang berakhirnya babak pertama, Calvin Verdonk mencoba peruntungan dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, namun upaya tersebut masih belum tepat sasaran.

Babak pertama berakhir dengan skor 0-2 untuk keunggulan China.

Memasuki babak kedua, Shin Tae-yong langsung melakukan rotasi dengan menarik keluar Witan Sulaeman, Mees Hilgers, dan Shayne Pattynama, kemudian memasukkan Marselino Ferdinan, Rizky Ridho, dan Thom Haye.

Setelah melakukan tiga pergantian pemain di awal babak kedua, Timnas Indonesia langsung tampil lebih agresif. Marselino Ferdinan dan kawan-kawan langsung melancarkan serangan bertubi-tubi ke jantung pertahanan China.

Memasuki menit ke-60, pertandingan mulai berjalan lambat. Pemain China seringkali jatuh saat berduel dengan pemain Indonesia, seakan-akan ingin mengulur waktu.

Menit ke-65, Indonesia mendapat peluang emas. Sundulan Rizky Ridho menyambut sepak pojok Nathan Tjoe-A-On, namun sayang bola masih melambung di atas mistar.

Suasana pertandingan memanas pada menit ke-71 ketika Xie Wenneng dari China terlibat cekcok dengan Nathan Tjoe-A-On. Xie Wenneng mengklaim dirinya dikasari, namun tayangan ulang tidak menunjukkan adanya pelanggaran yang jelas.

Menjelang peluit panjang, beberapa pemain China mulai sering jatuh dan mengalami kram. Tindakan ini diduga sebagai upaya untuk memperlambat tempo permainan dan mengamankan kemenangan 2-0.

Menit ke-81, Nathan Tjoe-A-On mendapatkan ruang tembak yang bagus di sisi kanan kotak penalti China. Sayangnya, tembakannya terlalu lemah dan hanya membentur sisi jala gawang.

Berkat sedikit keberuntungan, Indonesia memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 pada menit ke-86. Tembakan bebas Thom Haye yang membentur pemain China membingungkan kiper lawan dan berujung gol.

Baca Juga: Jadwal dan Link Live Streaming Timnas Indonesia Vs China, Skuad Garuda Siap Curi 3 Poin

Menit-menit akhir pertandingan, Indonesia terus berupaya menyamakan kedudukan. Umpan silang akurat Pratama Arhan dari sisi kanan memberikan ancaman serius ke gawang China.

Di penghujung pertandingan, Jay Idzes diganjar kartu kuning setelah mendorong Jiang Shenlong yang berusaha mengulur waktu.

Hingga peluit panjang berakhir tidak ada gol tambahan. Timnas Indonesia harus mengakui kemenangan China dengan menang telak 2-1.

Line up Timnas Indonesia vs China dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Timnas Indonesia: Maarten Paes; Jay Idzes, Mees Hilgers, Calvin Verdonk; Asnawi Mangkualam, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, Shayne Pattynama; Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick, Witan Sulaeman.

China : Wang Dalei; Jiang Guang Tai, Gao Zhunyi, Li Lei, Jiang Shenlong; Wang Shangyuan, Li Yuanyi, Wei Shihao, Xie Wenneng; Baihelamu Abuduwaili, Zhang Yuning. (C)

Penulis: Merdiyanto

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS