Jelang Tes SKD CPNS 2024, Jumlah Penumpang Kapal Manu-Manu Kaindea Melonjak

Wa Ode Hesti

Reporter Wakatobi

Kamis, 17 Oktober 2024  /  7:26 pm

Ketgam: Kapal Manu-Manu Kaindea rute Kaledupa - Wanci dipadati penumpang Foto: Wa Ode Hesti/Telisik

WAKATOBI, TELISIK.ID – Jelang tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2024, terjadi lonjakan penumpang pada kapal Manu-Manu Kaindea dengan rute Kaledupa - Wanci, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Pantauan telisik.id, puluhan penumpang memadati kapal di Pelabuhan Feri Kaledupa yang menuju Pelabuhan Patinggu Wangi-Wangi. Selain penumpang, kapal tersebut juga dipenuhi kendaraan motor dan barang-barang penitipan.

Lonjakan penumpang ini telah terjadi sejak 15 Oktober 2024, dipicu oleh banyaknya peserta tes SKD CPNS 2024 di Kaledupa. Saat ini, hanya satu kapal penumpang pagi yang beroperasi pada rute Kaledupa - Wanci.

Baca Juga: Pj Gubernur Sulawesi Tenggara Salurkan Aneka Kebutuhan Masyarakat Muna

“Sejak kemarin, penumpang sangat padat. Banyak yang terpaksa putar balik karena kapal sudah penuh. Meskipun ada kapal siang, banyak orang memilih kapal pagi untuk menghindari cuaca buruk yang sering terjadi di siang hari,” ungkap La Utu, Nakhoda Kapal Manu-Manu Kaindea, Kamis (17/10/2024).

Meskipun jumlah penumpang tidak bisa dipastikan, diperkirakan keuntungan dari rute pagi Kaledupa - Wanci bisa mencapai lebih dari Rp 2.500.000 per hari.

Baca Juga: Paslon Rajiun-Purnama Disebut Mampu Bawa Muna Menuju Kemajuan

“Banyak penumpang, termasuk saya, melakukan perjalanan untuk tes SKD CPNS. Banyak juga yang jadwal tesnya masih lama, tetapi khawatir kehabisan tiket kapal untuk rute lain dari Wanci,” ujar Nur Alam, salah seorang penumpang.

Cuaca di Wakatobi saat ini tergolong baik dengan ombak yang tidak terlalu tinggi. Namun, karena jumlah pendaftar CPNS dari Kaledupa yang mencapai lebih dari 1.000 orang, banyak peserta yang memilih untuk berangkat lebih awal demi memastikan mendapatkan tiket.

“Saya sebenarnya masih lama jadwal tes, tetapi saya takut kehabisan tiket,” tambah Lisa, penumpang lainnya. (A)

Penulis: Wa Ode Hesti

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS