Lakukan Penyegaran Puluhan ASN di Kota Kendari Bakal Dimutasi

Nur Khumairah Sholeha Hasan

reporter

Selasa, 07 Februari 2023  /  9:53 pm

Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu bakal melakukan penyegaran terhadap pejabat di OPD, camat maupun lurah lingkup Pemerintah Kota Kendari. Foto: Ist.

KENDARI, TELISIK.ID - Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu bakal melakukan penyegaran terhadap pejabat di organisasi perangkat daerah (OPD), camat maupun lurah.

Sebelumnya pemkot telah melakukan asesmen ulang kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) baik eselon III maupun eselon IV. Asmawa bahkan telah mengantongi sejumlah nama, namun dirinya masih enggan untuk membocorkannya.

“Hasilnya sudah dikantongi untuk menjadi bahan evaluasi dalam rangka penataan personel, tentu kalau kapan dieksekusi, sekarang kita sudah dieksekusi, tinggal masalah penataan, kan bisa saja dari hasil itu ada mutasi, promosi dan demosi yang dimungkinkan,” kata Asmawa Tosepu, belum lama ini.

Baca Juga: Ini Alasan Guru Honorer Dipecat di Kendari Belum Dipindahkan ke Sekolah Lain

Asmawa mengatakan masih mencari dan menunggu waktu yang baik untuk melaksanakan penyegaran (pelantikan) di pemerintahan.

“Kalau nama-namanya dan jumlahnya saya tidak hafal namun yang pasti kita lakukan penyegaranlah, intinya di semua OPD dan termasuk di kecamatan dan kelurahan,” tutup Asmawa.

Terpisah, Kasubid Pengembangan Kompetensi, Putri mengatakan uji kompetensi yang dilakukan terdiri dari tiga tahapan, uji kompetensi pertama dilakukan via online.

Uji kompetensi kedua dilakukan khusus bagi eselon III A, camat dan lurah, serta uji kompetensi yang ketiga dilakukan khusus eselon III B, IV A dan IV B.

Ia menyebut hasil pemeriksaan dari uji kompetensi tersebut banyak yang layak ketimbang yang belum layak. Mengenai jumlah ASN yang layak ia tak bisa merinci, Ia hanya memperkirakan sekitar 0,1 persen yang belum layak dari jumlah keseluruhan ASN yang mengikuti uji kompetensi tersebut.

Baca Juga: Ini Rekomendasi Film Bioskop di Kendari Februari 2023

"Karena kita ada ranking sesuai kriteria yang mereka miliki, seperti layak dipromosi, layak untuk menduduki jabatan dan belum layak menduduki jabatan atau perlu pengembangan kompetensi sesuai dengan hasil ujian ketika asesmen lalu," bebernya.

Selain tes tertulis, tes menggunakan google drive juga dilakukan tes wawancara. Ia menyebut beberapa pihak yang menjadi pengawas asesmen di antaranya Sekda Kota Kendari, akademisi UHO, BKPSDM Kota Kendari, Inspektorat Kota Kendari, Kemendagri dan BPSDM Kemendagri.

"Kalau untuk eselon IV B kami masih merekap datanya dan akan segera kami laporkan ke pimpinan, peserta pada uji kompetensi ketiga ada hampir 700, namun ada beberapa pejabat kelurahan yang tidak mengikuti ujian karena sakit dan berkendala kegiatan diluar kota," tutupnya. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS