Pasar Ikan Dibangun, Nelayan Diberi Perahu dan Alat Tangkap

Sunaryo

Reporter Muna

Sabtu, 23 Januari 2021  /  7:07 pm

Kadis Kelautan dan Perikanan Muna, La Kusa. Foto: Sunaryo/Telisik

MUNA, TELISIK.ID - Bupati Muna, LM Rusman Emba terus menggenjot potensi perikanan dan kelautan di daerahnya dalam rangka meningkatkan pendapatan para nelayan.

Sebagai salah satu bukti, tahun ini akan dibangun pasar ikan higienis yang berlokasi di tempat penjual ikan (TPI) pelelangan Laino. Tujuan sebagai pusat penyediaan tempat jual beli yang nyaman, bersih, memenuhi standar sanitasi, dan higienis.

"Anggaranya sebesar Rp 2,1 miliar yang bersumber dari tugas pembantuan (TP)," kata Kadis Kelautan dan Perikanan Muna, La Kusa, Sabtu (23/1/2021).

Bukan saja itu, tahun ini juga akan dilakukan rehabilitasi terhadap pasar ikan di Desa Wakobalu Agung, Kecamatan Kabangka. Anggaranya, kurang lebih sekitar Rp 400 juta.  

Baca juga: Perusahaan Tambang Batu di Konut Gunakan Jalan Tani, Masyarakat Resah

"Anggaranya masuk di DAK," sebutnya.

Disis lain, dari total anggaran DAK sebesar Rp 2,6 miliar juga diporsikan untuk fasilitas para kelompok nelayan. Adalah pengadaan perahu berukuran tiga gros ton (GT) dengan panjang sembilan meter dan lebar satu meter, serta lengkap dengan alat tangkapnya. Dari empat unit dengan standar harga sebesar Rp 180 juta per unit, Kusa menilai sangat tinggi. Makanya, anggaranya dicoba direvisi agar pengadaan diperbanyak.

"Kita usahakan menjadi 10 unit untuk dibagikan pada kelompok nelayan di Kecamatan Marobo, Maligano dan Towea," pungkasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

TOPICS