Pemilih Setia Pasangan Rusdianto-Fachry di Pilkada Konawe Tertinggi, Capai 35 Persen

Sigit Purnomo

Reporter

Kamis, 03 Oktober 2024  /  3:21 pm

Survei JSI, terdapat 26,1 persen pemilih yang masih ada kemungkinan berubah pilihan. Foto: Sigit Purnomo/Telisik

KONAWE, TELISIK.ID – Dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Konawe, pasangan Rusdianto dan Fachry berhasil mengukuhkan diri sebagai pasangan dengan tingkat dukungan pemilih kuat (strong voters) tertinggi.

Diketahui, hasil survei Jaringan Suara Indonesia (JSI) menunjukkan elektabilitas pasangan calon (paslon) nomor urut 2, Rusdianto-Fachry Pahlevi Konggoasa (RD-FPK) berada di posisi teratas dengan angka sebesar 44,1 persen.

Kemudian disusul paslon nomor 3, Harmin Ramba-Dessy Indah Rachmat (HADIR) sebesar 34,8 persen dan paslon nomor 1, Yusran Akbar-Syamsul Ibrahim  (YA - SYAM) di angka 18,2 persen.

"Pemilih yang belum menentukan pilihan sebesar 2,9 persen," ungkap Direktur JSI, Popon Lingga Geni, di hadapan puluhan awak media di Kendari.

Baca Juga: Survei JSI, Elektabilitas Lukman Abunawas-La Ode Ida Unggul di Kabupaten Konawe

Berdasarkan hasil survei JSI menunjukkan bahwa pasangan ini memiliki basis pemilih setia yang paling solid mencapai 35,0 persen menjadikan mereka sebagai salah satu calon terdepan dalam pilkada.

Salin pasangan Rusdianto-Fachry, pasangan Harmin Ramba-Dessy juga memiliki strong voters mencapai 24,8 persen, Yusran Akbar-Syamsul Ibrahim 11,6 persen.

Baca Juga: Hasil Survei JSI Pilkada Konawe, Rusdianto-Fachry Unggul Jauh

Popon membeberkan, selain strong voters, setiap pasangan juga memiliki soft atau swing voters atau pemilih yang bisa berpindah, dimana Harmin Ramba memiliki 10 persen dari pendukung yang berpotensi berpindah dukungan.

Selain itu, lanjutnya pasangan Rusdianto-Fachry miliki 9,1 persen pemilih swing voters, dan Yusran Akbar 7,0 pemilih swing voters. (C)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS