Pemkab Konawe Genjot Populasi Hewan Ternak

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 25 November 2022
0 dilihat
Pemkab Konawe Genjot Populasi Hewan Ternak
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Konawe genjot populasi hewan ternak. Foto: Ist.

" Selain program bantuan bibit pakan hijau ternak dan pemeriksaan kesehatan hewan, diadakan juga program peningkatan sumber daya manusianya "

KONAWE, TELISIK.ID – Guna menggenjot populasi hewan ternak di Konawe, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Konawe dorong para petani agar bekerja lebih maksimal.

Kepala Disnakeswan Konawe, Jumrin mengungkapkan, dari beberapa program yang telah dilakukan, tidak akan berhasil jika pengetahuan para petani masih minim.

Karena itu, selain program bantuan bibit pakan hijau ternak dan pemeriksaan kesehatan hewan, diadakan juga program peningkatan sumber daya manusianya.

Peningkatan SDM, kata Jumrin, dipandang perlu guna mendukung dan memotivasi mereka agar punya keinginan untuk berternak.

Terlebih lagi, dari segi pakan ternak, di Konawe terbilang cukup menjanjikan. Limbah pertanian seperti jerami yang melimpah, bisa digunakan untuk pakan ternak.

Baca Juga: Pemdes Tuntut Ada SOP Evaluasi Perangkat Desa di Muna Barat

”Sama halnya juga dengan limbah kelapa sawit. Makanya kita sekarang lagi cari limbah kelapa sawit yang bisa dijadikan pakan ternak, terus kita ajak para petani agar mereka lihat langsung,” imbuhnya.

Untuk itu, para petani harus memiliki wawasan dan motivasi yang tinggi dalam hal mengembangkan hewan ternaknya serta memanfaatkan sumber daya di sekitarnya.

Baca Juga:Ada Pemilih Coblos Tiga Surat Suara di Pilkades Muna

"Kendatipun di lahan sempit tapi masih bisa beternak, sehingga diperlukan inovasi dan motivasi dari mereka, dan ini yang kita sampaikan kepada mereka,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa menjelaskan bahwa Kabupaten Konawe merupakan lumbung pangan Sulawesi Tenggara, khususnya untuk produksi padi serta daging.

Ia juga menargetkan Kabupaten Konawe bisa menjadi wilayah swasembada daging di Sulawesi Tenggara. (B-Adv)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga