Survei JSI, Elektabilitas Lukman Abunawas-La Ode Ida Unggul di Kabupaten Konawe

Siti Nabila, telisik indonesia
Kamis, 03 Oktober 2024
0 dilihat
Survei JSI, Elektabilitas Lukman Abunawas-La Ode Ida Unggul di Kabupaten Konawe
Elektabilitas Lukman Abunawas-La Ode Ida unggul di Kabupaten Konawe berdasarkan hasil survei JSI. Foto: Nabila/Telisik

" Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas-La Ode Ida, berhasil memimpin dalam survei terbaru yang dirilis oleh Jaringan Suara Indonesia (JSI) "

KENDARI, TELISIK.ID - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas-La Ode Ida, berhasil memimpin dalam survei terbaru yang dirilis oleh Jaringan Suara Indonesia (JSI). Hasil survei menunjukkan bahwa pasangan ini unggul dari para pesaingnya di Kabupaten Konawe menjelang Pilkada 2024.

Direktur Lembaga Survei Jaringan Suara Indonesia, Popon Lingga Geni mengungkapkan, survei yang dilakukan oleh JSI menunjukkan elektabilitas Lukman Abunawas-La Ode Ida mencapai 49,5 persen menjadikan mereka sebagai pasangan yang paling banyak dipilih oleh masyarakat Kabupaten Konawe.

"Alasan utama masyarakat memilih survei dapat disebabkan oleh latar belakang suku yang sama, sehingga mampu menarik dukungan dari masyarakat yang merasa memiliki kedekatan kultural dengannya dan riwayat memimpin sebelumnya (Bupati Konawe tahun 2008-2013 dan Wakil Gubernur periode tahun 2018-2023)," jelas Popon.

Selain itu masih kata Popon, elektabilitas pasangan Lukman Abunawas-La Ode Ida tertinggi karena pasangan ini dinilai lebih memahami persoalan daerah dan tahu cara menyelesaikan masalah.

Baca Juga: Hasil Survei JSI Pilkada Konawe, Rusdianto-Fachry Unggul Jauh

Baca Juga: PPK Kabupaten Kolaka Berharap Tambahan Personel Keamanan di TPS

Kemudian disusul Paslon Tina Nur Alam-LM. Ihsan Taufik Ridwan sebesar 25,0 persen selanjutnya paslon Andi Sumangerukka -Hugua sebesar 10,9 persen dan terakhir Paslon Ruksamin-Syafei Kahar sebesar 5,5 persen.

Popon Lingga juga menjelaskan bahwa survei JSI ini melibatkan sebanyak 440 responden yang tersebar di Kabupaten Konawe, dengan margin of error sebesar kurang lebih 4,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

"Survei dilakukan dengan metode wawancara langsung dan tatap muka, untuk memperoleh hasil yang akurat dan representatif," ujarnya kepada media, Kamis (3/10/2024). (C)

Penulis: Siti Nabila

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga