Pesona Alam Air Terjun Permandian Sangkona

Hir Abrianto

Reporter Bombana

Minggu, 29 November 2020  /  3:59 pm

Permandian air terjun Sangkona. Foto: Hir Abrianto/Telisik

BOMBANA, TELISIK.ID - Lukisan alam Sang Pencipta selalu saja menyimpan pesona sendiri yang bisa memanjakan mata. Tanpa disadari, di sudut pegunungan yang membungkus Ibukota Kabupaten Bombana, Rumbia, terdapat anugrah tuhan yang memiliki daya tarik tersendiri yakni permandian air terjun.

Kali ini Minggu (29/11/2020), Tim Telisik.id mendatangi permandian air terjun yang terletak di ujung Kampung Sangkona, perbatasan Desa Lantowonua dan Keluarahan Doule Kecamatan Rumbia, Kabupaten Bombana.

Jaraknya yang mudah dijangkau, di ujung pemukiman, membuat orang dewasa hingga anak-anak terus berbondong-bondong menikmati sejuknya air mengalir jatuh dari sekitar 15 meter.

"Objek wisata air terjun ini adalah satu satunya objek wisata alam yang berada di tengah ibu kota Bombana dan akses masyarakat kesini juga sangat mudah, sehingga inilah salah satu motivasi kita untuk menatanya kembali,” ujar Lurah Doule, Sukaji Ramang.

Di samping hal tersebut lanjutnya, dengan kembali dibukanya objek wisata ini, ia berkeyakinan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat dengan pola pemberdayaan dan pelibatan masyarakat dalam pengelolaannya.

Baca juga: Puncak Alamo Destinasi Wisata Baru di Kolaka Timur

”Warga di sini sangat mendukung dan antusias membantu kami, walaupun saat ini untuk menata kita masih menggunakan dana pribadi, namun untuk tenaga kerja kita tidak susah memanggil masyarakat,” jelasnya.

Melihat antusias masyarakat setempat yang sangat tinggi, ia optimis ke depan dapat menjadikan Lingkungan Sangkona sebagai kampung wisata.

”Di sini akan dibuka tempat kuliner, tujuannya untuk memanjakan pengunjung dan memberdayakan masyarakat lokal yang berada di Sangkona ini,” urainya.

Untuk mempercepat penataan area air terjun, Ia berharap agar Pemerintah Kabupaten turun tangan memberikan sentuhan pembangunan infrastruktur pendukung. (B)

Reporter: Hir Abrianto

Editor: Haerani Hambali

TOPICS