Propaganda Menangkan Kotak Kosong di Pilkada Muna Barat, La Ode Darwin Tak Masalah

Erni Yanti

Reporter

Selasa, 10 September 2024  /  3:17 pm

Bakal Calon Bupati Muna Barat, La Ode Darwin. Foto: Facebook La Ode Darwin

KENDARI, TELISIK.ID - Bakal calon Bupati Muna Barat (Mubar) La Ode Darwin, menyikapi isu propaganda yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk memenangkan kotak kosong di Pilkada Muna Barat (Mubar).

Darwin mengaku telah mendapat informasi adanya oknum-oknum yang ingin melakukan gerakan massal untuk mendukung kotak kosong di Pilkada Mubar.

Gerakan itu dinilai bukan suatu masalah untuk dirinya dan Ali Basa, Balon Wakil Bupati Mubar. Ia memilih fokus menjalankan strategi politik yang telah dikemas dalam jargon "Liwu Mokesa".

"Jargon ini artinya, kami ingin menjadikan Kabupaten Muna Barat sebagai kabupaten yang tumbuh, berkembang, maju, dan lebih baik lagi," katanya, Senin (9/9/2024).

Mengenai adanya dukungan terhadap kotak kosong, Darwin menanggapinya dengan santai dan menganggap kotak kosong masih menjadi bagian dari demokrasi.

"Saya kira kotak kosong adalah bagian dari hak demokrasi. Kami tidak bisa melarangnya. Namun, saya berharap Pilkada di Muna Barat bisa berjalan damai dan sejuk. Kami telah menyusun agenda kampanye yang positif dan menghindari provokasi," tegasnya.

Baca Juga: Ini Ketentuan Pemenang Pilkada untuk Calon Tunggal Lawan Kotak Kosong di Pilkada Muna Barat

Saat ini, ia dan Ali Basa sedang menyiapkan diri untuk agenda politik berikutnya. Adanya kotak kosong juga ini dinilai dapat meminimalkan terjadinya perpecahan atau konflik antara sesama masyarakat Mubar.

"Makanya kami tidak ingin ada masalah. Kami ingin Pilkada Mubar berjalan damai, aman, tentram dan teduh," pungkasnya.

Sebagai bapaslon tunggal, Darwin sangat percaya diri dan optimis memasang target kemenangan dicangka 90 persen perolehan suara di Pilkada Muna Barat 2024.

"Saya dan Pak Ali Basa menargetkan kemenangan di angka 90 persen," kata La Ode Darwin.

Angka 90 persen perolehan suara itu bukan tanpa dasar. Darwin membeberkan, hal itu berdasarkan hasil simulasi survei yang telah dilakukan pihaknya beberapa waktu lalu.

Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) diperoleh data pasangan La Ode Darwin-Ali Basa mendapat dukungan sekitar 85 persen.

Sedangkan kotak kosong sekitar 5,7 persen, dan yang belum menentukan pilihan sekitar 4 persen.

"InsyaAllah ini akan terus kami maksimalkan, sehingga di Muna Barat itu kita betul-betul akan mendapatkan kemenangan yang sangat maksimal," katanya.

Baca Juga: Tak Ada Kotak Kosong, Dua Bapaslon Daftar di KPU Muna Barat

Dengan target kemenangan penuh tersebut, juga akan memberikan dukungan penuh pada program-program pro rakyat yang akan dijalankan nantinya jika terpilih sebagai bupati.

"Jika terpilih sebagai bupati dan wakil bupati, program-program pro rakyat itu betul-betul akan dimaksimalkan dan mendapat dukungan mayoritas dari masyarakat Muna Barat," jelasnya.

Darwin mengatakan, dengan persiapan matang dan dukungan besar dari masyarakat serta partai politik, ia optimis dapat membawa Muna Barat menuju perubahan yang signifikan melalui visi "Liwu Mokesa". Pilkada Muna Barat akan menjadi penentu apakah visi besar ini dapat terealisasi. (C)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS