Tak Ada Kotak Kosong, Dua Bapaslon Daftar di KPU Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 29 Agustus 2024
0 dilihat
Tak Ada Kotak Kosong, Dua Bapaslon Daftar di KPU Muna Barat
Situasi saat ini di pelataran KPU Muna Barat, dijaga ketat oleh personel TNI/Polri. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Dua bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Muna Barat akan mendaftar di KPU pada hari terakhir pendaftaran "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Dua bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Muna Barat akan mendaftar di KPU pada hari terakhir pendaftaran, Kamis (29/8/2024). Dengan demikian, isu melawan kotak kosong di Pilkada Muna Barat terbantahkan.

Pantauan Telisik.id, situasi saat ini di KPU Muna Barat aman dan terkendali. Petugas pengamanan dari TNI/Polri, serta pendukung dan simpatisan dari bapaslon telah menyambangi pelataran kantor KPU Muna Barat.

Sementara Bapaslon yang terkonfirmasi akan melakukan pendaftaran terlebih dahulu masih mempersiapkan diri dan akan melakukan deklarasi terlebih dahulu di Lapangan Guali, Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat.

Ketua KPU Muna Barat, La Tajudin mengatakan bahwa melalui masing-masing LO Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Muna Barat telah melakukan konfirmasi untuk pendaftaran yang akan dilaksanakan saat ini.

"Dua bapaslon tersebut yang akan melakukan pendaftaran yakni La Ode Darwin-Ali Basa dan La Ode Muhammad Amsar-Munarti," ujarnya.

Baca Juga: Pilkada Potensi Lawan Kotak Kosong, Ini Penjelasan Ketua KPU Muna Barat

Tajudin mengatakan, proses penerimaan pendaftaran mengacu pada Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2024 dan keputusan KPU tentang juknis penerimaan pendaftaran calon yakni proses pendaftaran dimulai dengan dilakukannya penjemputan bapaslon oleh KPU, kemudian diarahkan ke meja registrasi.

Kemudian setelah registrasi, bapaslon dipersilakan menempati posisi yang telah disiapkan serta dilakukan penyerahan dokumen baik dokumen persyaratan pencalonan maupun dokumen syarat calon.

Selanjutnya, dokumen tersebut kemudian diserahkan ke tim verifikasi untuk dilakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen serta tim verifikasi kemudian menyampaikan kelengkapan dokumen tersebut.

Bagi bapaslon yang dokumennya dinyatakan lengkap, selanjutnya KPU akan menyerahkan surat pengantar pemeriksaan kesehatan. Namun bagi bapaslon yang dokumennya dinyatakan belum lengkap maka dokumen tersebut dikembalikan untuk dilengkapi di masa pendaftaran.

Proses selanjutnya, pihaknya akan mempersilakan perwakilan partai politik untuk menyampaikan beberapa hal atau sambutan. Setelah itu bapaslon juga menyampaikan beberapa hal atau sambutan sebelum kemudian diarahkan menuju tempat konferensi pers.

Baca Juga: La Ode Darwin-Ali Basa Potensi Lawan Kotak Kosong di Pilkada Muna Barat

Sebelumnya, Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Muna Barat, La Ode Darwin-Ali Basa mengatakan, akan melakukan pendaftaran di KPU Muna Barat pada 29 Agustus 2024, namun sebelum melakukan pendaftaran pendukung dan simpatisan diarahkan untuk berkumpul di Lapangan Guali.

"Untuk pendukung dan simpatisan dari wilayah Tiworo berkumpul di SP2, untuk pendukung dari wilayah Kusambi dan Lawa berkumpul di Lapangan Guali," ujar La Ode Darwin.

Sementara untuk Bapaslon La Ode Muhammad Amsar-Munarti, pihak media sampai saat ini belum mendapatkan informasi lengkap terkait pendaftaran sebab saat dihubungi, pihak LO belum memberikan tanggapan. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga